Home

Workshop Talent Management

Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya menggelar workshop bertema Talent Management: How to Design and Develop Step by Step. Bertempat di Meeting Room Gedung Graha Wiyata lt. 1 workshop ini diikuti oleh Mahasiswa Magister Psikologi. Dalam sambutannya Dekan Fakultas Psikologi-Dr. Suroso, MS., Psikolog mengatakan, “Kalau kita cermati, lulusan perguruan tinggi di Indonesia dari tahun ke tahun melahirkan semakin banyak SDM. Banyaknya SDM ini membanggakan sekaligus menjanjikan apabila dikelola dengan baik. Inilah yang akan dibahas dalam workshop yang berfokus pada talent management ini.”

Pada kesempatan yang sama Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Jawa Timur-Ilham Nur Alfian, M.Psi, Psikolog turut hadir untuk membuka workshop yang digelar Sabtu-Minggu, (14-15/9). Mewakili HIMPSI Jawa Timur, dirinya berterima kasih kepada Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya yang gigih menyelenggarakan workshop yang cakupannya membantu HIMPSI Jawa Timur untuk menambah anggota. “Biasanya untuk mengembangkan anggota, secara informal kami mengadakan kegiatan workshop semacam ini. Tentu sertifikatnya bisa digunakan sebagaai portofolio untuk Surat Izin Praktek Psikolog.”

Dr. Annisa Lestari Kadiyono, M.Psi., Psikolog didapuk sebagai trainer dalam workshop setelah malam sebelumnya mengisi kuliah umum. Ketua Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi Wilayah Bandung ini menuturkan, “Pemerintah dan BUMN gencar mengelola SDM berbasis kompetensi sejak tahun 2004. Padahal konsep tentang talent management ini telah ada sejak 18 tahun sebelumnya. Artinya butuh proses selama 18 tahun bagi Indonesia untuk menerapkan seleksi berbasis kompetensi (competency-based).”

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran ini pun memaparkan konsep talent management, “Manusia berasal dari nature dan nurtureTalent berasal dari dalam dan dalam Psikologi Pendidikan punya peluang untuk diaktualisasi. Sedangkan bagi Psikologi Industri dan Organisasi, talent dipandang sebagai sumber daya. Dengan konsep talent ini tidak dilihat dari luar tetapi dilihat potensi yang bisa dikembangkan sejauh mana. Jadi talent management ini berisi pengukuran dan analisis untuk mengoptimalkan dan mengembangkan kompetensi dan peran sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi.” (um)

Sumber: https://untag-sby.ac.id/web/beritadetail/manajemen-talenta-dalam-perusahaan-pentingkah.html

Search

LINK

Emerald Insight

Himpsi

AP2TPI

 

Informasi :
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945
Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya 
Telp. 031-5990029
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.