Home

Mahasiswa Magister Psikologi Untag Adakan Pelatihan di SMAN 3 Surabaya

Mahasiswa Magister Psikologi (MAPSI) Untag Surabaya menjalin kerjasama dengan SMA Negeri 3 Surabaya dalam rangka praktek lapangan mata kuliah Desain Pelatihan, Senin, (6/1/2019). Pelatihan dengan peserta siswa SMA tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok materi.

Pelatihan merupakan salah satu aktivitas penting dalam pengembangan sumber daya manusia, umumnya pada sebuah organisasi. Program pelatihan bagi sebuah organisasi merupakan investasi jangka panjang, artinya efek yang dihasilkan tidak langsung dapat dirasakan hasilnya bagi organisasi. Maka dari itu butuh waktu untuk merealisasikan apa yang didapat ketika pelatihan.

 

M. Choirul Iba salah satu mahasiswa Magister Psikologi yang sekaligus menjadi trainer tersebut mengatakan, kegiatan diadakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Desain Pelatihan. ‘’Yang kami lakukan di SMA Negeri 3 Surabaya ini adalah kegiatan pelatihan. Karena dari mata kuliah desain pelatihan ada tugas yang harus dipenuhi untuk membuat desain pelatihan dan sekaligus kami sebagai trainernya,’’ ujar Choirul ketika ditemui warta17agustus.com.

Tidak hanya itu, Choirul menambhakan bahwa dari beberapa mahasiswa magister yang mengikuti praktek lapangan di SMA 3 Surabaya tesebut dibagi menjadi beberapa kelompok dengan meteri yang berbeda-beda. ‘’Jadi kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi beberapa materi seperti team work, konsep diri dan komunikasi asertif,’’ ucap mahasiswa angkatan 41 tersbeut.

Team work berfungsi ketika bekerja dalam sebuah kelompok yang mengarah pada suatu tujuan, sehingga seluruh proses untuk mencapai tujuan tersebut menjadi lebih efisien, Sementara itu konsep diri merupakan salah satu faktor pendukung kehidupan yang sehat, baik fisik maupun psikologis. Konsep diri berkaitan erat dengan individu. Konsep diri merupakan sesuatu yang dibentuk seiring dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan individu.

Terakhir Choirul menyampaikan setelah kegiatan berhasil digelar supaya peserta pelatihan atau siswa SMA Negeri 3 surabaya dapat mengalami perubahan sesuai materi yang diberikan. ‘’Harapannya yaitu setelah mengikuti pelatihan peserta dapat mengalami perubahan seperti dapat lebih memahami apa itu team work, seperti apa tugas-tugas team work, sehingga mereka dapat menciptakan ruang kelompok yang harmonis dan positif,’’ tutup Choirul.



Sumber Berita: https://warta17agustus.com/berita-mapsi-untag-surabaya-gelar-pelatihan-di-sma-negeri-3-surabaya.html#ixzz6AVRSE8qO

 

 

 

Search

LINK

Emerald Insight

Himpsi

AP2TPI

 

Informasi :
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945
Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya 
Telp. 031-5990029
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.