Home

Hibah Kerjasama Kurikulum dan Implementasi MBKM

Pada tanggal 5 Oktober 2021 Prodi S1 Psikologi Untag Surabaya melakukan kunjungan ke kelurahan Putat Jaya Surabaya untuk melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan berbagai instansi setempat. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari Hibah Kerja Sama Kurikulum Implementasi Merdeka Belajar yang berhasil didapat oleh Prodi S1 Psikologi Untag Surabaya Dr. Dyan Evita Santi, M.Si., Psikolog dan tim melalui proses seleksi yang diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di kesempatan ini Fakultas Psikologi Untag Surabaya melakukan implementasi merdeka belajar melalui tiga Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) yaitu proyek kemanusiaan, mengajar di sekolah, dan penelitian. 

Ketiga Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini akan dilaksanakan di kelurahan Putat Jaya Surabaya dimana kawasan ini dahulu terkenal sebagai kawasan lokalisasi terbesar di Asia Tenggara atau yang sering dikenal dengan kawasan Dolly. Meski Dolly telah ditutup sejak tahun 2014 yang lalu namun bukan berarti permasalahan-permasalahan sosial tidak lagi ditemukan di sana. Sebaliknya, penutupan Dolly ternyata juga masih membawa bahkan memunculkan permasalahan baru. Diantaranya adalah fenomena perilaku yang melanggar norma pada remaja yang makin banyak ditemukan di sana, begitu pula kasus HIV AIDS pada anak-anak yang saat ini masih belum tertangani sepenuhnya dengan baik sehingga membutuhkan dukungan baik secara fisik maupun psikologis.

Kegiatan proyek kemanusiaan menjadi salah satu kegiatan yang dipilih oleh program studi S1 Psikologi Untag Surabaya. Pada kegiatan ini mahasiswa bersama-sama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Mott MacDonald Limited dari Singapura yang memiliki program Global Future City (GFC) untuk menciptakan kawasan huni yang layak baik secara fisik maupun non fisik bagi warga daerah Putat Jaya. Proyek kemanusiaan yang akan diberikan dalam hal ini adalah menjadi relawan yang akan melakukan pertolongan pertama psikologis atau psychological first aid pada warga kelurahan Putat Jaya. Selain itu mahasiswa juga akan memberikan psikoedukasi terkait dengan kesehatan mental pada berbagai lapisan masyarakat baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun lansia agar dapat menambah wawasan dan keterampilan mereka terkait dengan kesehatan mental yang perlu diketahui oleh warga.

Kegiatan mengajar di sekolah juga akan dilakukan oleh mahasiswa Psikologi. Dalam kegiatan ini mahasiswa dapat menerapkan kemampuan dalam berkomunikasi secara interpersonal melalui kegiatan mengajar di sekolah.  Selain mengajar pada kegiatan ini secara tidak langsung akan mengasah kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi kesulitan belajar dan permasalahan psikologis yang dialami oleh para murid. Pada gilirannya hal ini akan memicu mahasiswa untuk dapat melakukan kajian tentang penyebab masalah sehingga akan didapatkan solusi yang tepat bagi persoalan tersebut. Kegiatan mengajar di sekolah direncanakan akan dilaksanakan di TK, SD dan SMP Bahrul Ulum. Ketiga sekolah ini adalah sekolah yang terletak di kelurahan Putat Jaya dan memiliki siswa yang beragam baik secara latar belakang dan perilaku. Melalui kegiatan ini diharapkan masalah- masalah psikologis dan belajar yang dialami siswa dapat terbantu melalui partisipasi mahasiswa psikologi Untag Surabaya. Selanjutnya, kegiatan penelitian juga akan dilakukan oleh mahasiswa untuk meneliti lebih lanjut mengenai isu dan fenomena yang terjadi di kawasan kelurahan Putat Jaya. Beberapa isu yang akan diteliti berupa isu gender, anak-anak, dan kesehatan mental remaja yang memang banyak ditemui di kawasan tersebut. Penelitian ini akan dilakukan oleh mahasiswa di bawah bimbingan dan supervisi dari Dosen Pembimbing. Melalui program kerja sama kurikulum ini, diharapkan prodi Psikologi tidah hanya dapat memberikan sumbangsih bagi kesejahteraan psikologis warga kelurahan Putat Jaya namun juga dapat memenuhi salah satu tri dharma perguruan tinggi negeri yaitu penelitian.

 

 

 

Search

LINK

Emerald Insight

Himpsi

AP2TPI

 

Informasi :
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945
Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya 
Telp. 031-5990029
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.