Home

MBKM MATCHING FUND DI BLITAR : Riset Intervensi Kesiapan Masyarakat Menjadi Pelaku Wisata Edukasi


Pada tanggal 4 Oktober 2021 Eko April Ariyanto, S.Psi.,M.Psi. salah satu dosen Fakultas Psikologi Untag Surabaya mendampingi dan membimbing para Mahasiswa MBKM Matching Fund Psikologi Untag Surabaya yang berjumlah 6 mahasiswa melakukan Riset Intervensi Kesiapan Masyarakat Menjadi Pelaku Wisata Edukasi kepada warga yang tinggal di Desa Minggirsari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Mahasiswa dan tim menemukan beberapa fakta yaitu Desa Minggirsari mempunyai program desa ekonomi kreatif melalui potensi wisata yang ada di desa tersebut, Desa minggirsari memiliki potensi sumber daya yang bisa dimanfaatkan secara sistematis dan bersama, hal itu sudah direalisasikan oleh kepala desa dengan dijadikanya sungai brantas yang terdapat di daerah Minggirsari sebagai wisata yang dinamakan “Ngeli Ban”, di pinggiran sungai brantas itu juga dimanfaatkan menjadi tempat tongkrongan dengan nuansa pohon bambu yang mengitari sekitar sungai. Tongkrongan tempat itu dinamakan “Papringan”.

Teknik yang digunakan oleh mahasiswa dan tim dalam melakukan riset dengan memberikan kuisioner yang mengandung variabel “kesiapan masyarakat di desa wisata” dan dilakukan secara door to door yaitu menjumpai masyarakat dari rumah ke rumah dikarenakan melihat potensi masyarakat desa yang sebagian besar tidak sepenuhnya mengguankan teknologi Handphone sebagai alat bantu. Dari penggalian data yang telah dilakukan, tim telah mendapatkan 48 responden.

 

 

 

Search

LINK

Emerald Insight

Himpsi

AP2TPI

 

Informasi :
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945
Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya 
Telp. 031-5990029
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.