Program Akademik

Program Akademik

PROGRAM PENDIDIKAN SARJANA PSIKOLOGI

Nomor SK pendirian PS : 0501-0/1985, Tanggal SK pendirian PS : 1 November 1985 Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS : Menteri Pendidikan dan Kebu-dayaan RI Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan PS   : September 1985 Nomor SK Izin Operasional : 4463/D/T/2008 Tanggal SK Izin Operasional : 19 Desember 2008. No. Telepon PS : 031 5931800 ext. 253, 274, 275 dan 276

No. Faksimili PS : 031-5990029 Homepage dan E-mail PS : http://www. untag-sby. ac.id.

1. Tujuan

             

1.Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi dan Psikolog yang tanggap terhadap problematika di masyarakat, khususnya masalah yang muncul sebagai dampak industri perkotaan.

2.Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi dan Psikolog yang mampu mengaplikasikan ilmu Psikologi secara luas dalam berbagai bidang kehidupan secara bijak dan bertanggungjawab, profesional dan berkualitas yang berlandaskan pada ideologi Pancasila.

3.Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi dan Psikolog yang kritis dan berwawasan global, serta memiliki pribadi tangguh yang siap bersaing dalam dunia kerja.

2. Sasaran dan strategi pencapaiannya

Sasaran yang ingin dicapai oleh program studi ini adalah:

1.Meningkatkan mutu lulusan dengan mengasah kemampuan dan kepekaan pengamatan terhadap dampak lingkungan industrial bagi kesejahteraan psikologis masyarakat perkotaan.

2.Meningkatkan profesionalisme dosen dan mahasiswa melalui kerjasama dengan berbagai pihak pengguna jasa layanan psikologi. Baik dalam bentuk penelitian, pengabdian masyarakat, pelatihan, seminar dan kegiatan ilmiah yang lain.

3.Melakukan rekonstruksi kurikulum secara periodik (2 tahunan), dalam upaya mengantisipasi perkembangan problem yang terjadi pada masyarakat di lingkungan industri perkotaan.

4.Mengoptimalkan proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu lulusan dengan IPK rata-rata 3.00 dan masa belajar rata-rata 8 semester.

Adapun strategi pencapaiannya adalah dengan membuat kurikulum yang dapat mendukung tujuan program studi yaitu kurikulum yang selalu me-nyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi serta menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan baik. Strategi diatas didukung oleh tenaga pengajar yang memiliki kemampuan akademis tinggi dan profesional. Demi tercapainya sasaran yang diharapkan, maka dilakukan upaya pemenuhan sarana dan prasarana belajar berupa ruang kuliah yang representatif, penyediaan buku-buku yang menunjang, dan penyelenggaraan kegiatan mahasiswa yang sesuai dengan mata kuliah yang tersaji. Strategi lain yang dilakukan adalah dengan me-lakukan praktek pelatihan di berbagai pengguna jasa yang membutuhkan, sekaligus agar terjadi keterkaitan antara dunia akademis dengan kebutuhan masyarakat pengguna.

         Sasaran mutu yang ditetapkan digolongkan menjadi tiga bidang yaitu : Bidang Akademik & Pengajaran, Bidang Penelitian dan Bidang pengabdian masyarakat.

a. Sasaran Mutu Bidang Akademik

1).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang berkualitas, yakni sebagai ilmuwan yang siap bekerja dan mudah terserap oleh masyarakat dan institusi.

2).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang mampu melakukan penelitian di bidang psikologi, mampu melakukan wawancara dan konseling tentang permasalahan psikologis individu maupun kelompok; serta mampu merancang dan melaksana-kan pelatihan dalam bidang psikologi.

3).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang memiliki jiwa entrepreneurship dan mampu berwirausaha.

4).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang memiliki soft skill atau life skill, sehingga mampu menerapkan pada masyarakat.

5).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang mampu mencapai kelulusan lebih cepat.

6).   Mengupayakan para dosen untuk mengikuti studi lanjut (S-3).

7).   Mengusahakan agar para dosen memiliki kompetensi yang handal sesuai dengan bidang konsentrasinya.

8).   Mengarahkan dosen untuk memiliki kemampuan yang memadai dalam rangka transfer of knowledge kepada mahasiswa, sehingga mereka harus memiliki kemampuan untuk membuat Satuan Acara Perkuliahan, Hand-out dan Buku Ajar yang memadai untuk menunjang Proses Belajar Mengajar.

9).   Mengarahkan dosen dan mahasiswa untuk mengikuti seminar ilmiah dan pela-tihan bidang psikologi, baik pada tingkat regional, nasional, maupun interna-sional.

10).Mendorong dosen untuk berperan aktif pada organisasi profesi psikologi (Him-punan Psikologi Indonesia) untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas.

11).Kurikulum program studi psikologi lebih disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat, serta Kolokium Psikologi Indonesia.

12).Kurikulum program studi psikologi lebih menekankan skill daripada kon-septual / teoritis.

13).Proses belajar mengajar yang lancar dengan adanya ketersediaan berbagai literatur, baik textbook maupun jurnal psikologi (Nasional maupun Internasi-onal), e-book, jurnal on-line yang dibutuhkan oleh dosen maupun ma-hasiswa sesuai dengan mata kuliah dari kurikulum.

14).Proses belajar mengajar yang menyediakan ruangan yang lebih nyaman dan kondusif.

b. Sasaran Mutu Bidang Penelitian

1). Meningkatkan jumlah penelitian dosen untuk publikasi ilmiah dalam bentuk jur-nal, minimal satu karya dalam satu tahun untuk masing-masing dosen.

2).Meningkatkan keterlibatan dosen dalam penelitian interdisipliner dengan ko-ordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNTAG Surabaya mi-nimal dua dosen dalam satu tahun.

3). Meningkatkan jumlah Skripsi mahasiswa sebanyak tiga judul untuk dimuat dalam Jurnal Ilmiah.

c. Sasaran Mutu Bidang Pengabdian Pada Masyarakat.

1).Meningkatkan peran dosen untuk memberikan pelatihan dalam rangka pem-berdayaaan masyarakat sebanyak tiga kali dalam satu tahun.

2).Meningkatkan peran dosen untuk memberikan seminar/ceramah-ceramah dalam rangka pemberdayaan masyarakat sebanyak tiga kali dalam satu tahun.

3). Mengarahkan setiap kegiatan mahasiswa di luar kampus, seperti studi lapangan agar dapat bermanfaat untuk masyarakat (bernilai pengabdian). Studi Lapangan tersebut dikaitkan dengan mata kuliah yang relevan, seperti : desain pelatihan psikologi, seminar psikologi, psikoterapi, metode penelitian kualitatif dan lain-lain.

4).Memfasilitasi kegiatan pengabdian masyarakat bagi mahasiswa yang dibutuhkan lembaga lain di luar Untag Surabaya minimal satu kali selama masa studi.

5).Meningkatkan peran dosen dan mahasiswa untuk bekerjasama dengan Pergu-ruan Tinggi lain dan organisasi profesi untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

d. Strategi Pencapaian

          Untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah dicanangkan, program studi Psikologi menerapkan strategi pencapaian sebagaimana diuraikan di bawah ini. Strategi pencapaian tersebut dipaparkan satu persatu berdasarkan tujuan yang ingin dicapai.

Tujuan 1 :

          Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi yang tanggap terhadap problematika di masyarakat, khususnya masalah yang muncul sebagai dampak industri perkotaan.

Strategi yang dilakukan adalah :

1)Melakukan perubahan kurikulum yang intensif dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kondisi masyarakat, serta mendasarkan kurikulum sesuai hasil kesepakatan Kolokum Psikologi Indonesia.

2)Menyiapkan materi perkuliahan yang menekankan pada penyelesaian permasalahan perkotaan dan harus dilakukan oleh setiap dosen pengampu mata kuliah dalam bentuk SAP, hand-out dan buku ajar.

3)Memberikan tugas-tugas yang mengasah ketrampilan dalam menghadapi problem-problem sosial di perkotaan.

4)Membekali dan meningkatkan pengetahuan tentang problem sosial di perkotaan.

Program-program yang dicanangkan adalah :

a.Mengadakan Rapat Kerja yang dihadiri oleh seluruh dosen dan karyawan Fakultas Psikologi, yang membahas Kurikulum dan penyempurnaan proses belajar mengajar.

b.Mengadakan pelatihan dan workshop kepada semua dosen untuk mere-majakan SAP, hand-out dan buku ajar yang sesuai dengan kurikulum.

c.Tinjauan dan kunjungan ke tengah-tengah masyarakat serta memberikan alternatif solusi peningkatan perkembangan berkehidupan masyarakat.

d.Membuka pelayanan-pelayanan untuk memberikan konsultasi permasalahan-permasalahan masyarakat.

e.Membangun kerjasama dengan masyarakat atau pihak luar untuk mening-katkan peran serta program studi Psikologi di masyarakat.

Tujuan 2 :

Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi yang mampu mengaplika-sikan ilmu Psikologi secara luas dalam berbagai bidang kehidupan secara bijak dan bertanggungjawab, profesional dan berkualitas yang berlandaskan pada ideologi Pancasila.

Strategi :

1)Meningkatkan jumlah diskusi atau kerja kelompok yang dilakukan oleh ma-hasiswa sehingga mampu membangun pola pikir ilmiah mahasiswa.

2)Membekali mahasiswa dengan berbagai soft skill (life skills).

3)Memberikan tugas kepada mahasiswa yang berkaitan dengan permasalahan terkini / aktual dimasyarakat.

4)Membekali mahasiswa dengan ketrampilan melakukan penelitian, baik yang kuantitatif dan kualitatif.

Program yang dicanangkan adalah :

1)Membangun ruang-ruang atau area baik di dalam maupun di luar gedung, yang berfungsi sebagai fasilitas untuk diskusi atau bekerja kelompok di luar ruang kelas (kuliah) yang mampu menghidupkan suasana akademik.

2)Mengadakan acara seminar atau diskusi ilmiah yang mampu membangun semangat pengembangan keilmuan mahasiswa dan dosen.

3)Meningkatkan jumlah penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa.

4)Meningkatkan jumlah kunjungan mahasiswa ke masyarakat untuk menda-patkan data permasalahan yang terjadi di lapangan, sebagai bahan diskusi dan penyelesaian ilmiah mahasiswa dan dosen.

5)Memberikan pelatihan kepada mahasiswa tentang berbagai kemampuan yang bisa meningkatkan soft skill / life skills.

Tujuan 3 :

          Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi yang kritis dan berwa-wasan global, serta memiliki pribadi tangguh yang siap bersaing dalam dunia kerja.

Strategi yang dilakukan :

1)Mendorong mahasiswa tidak hanya aktif dalam bidang akademis, namun juga aktif berorganisasi di kampus.

2)   Mengarahkan mahasiswa untuk mampu mengakses berbagai informasi dari tehnologi informasi untuk menyelesaikan tugas perkuliahan.

3)Menyiapkan mahasiswa untuk mampu bersaing dengan kompetisi global.

4)Menyiapkan dosen / pendidik yang menguasai materi sesuai dengan tun-tutan perkembangan globalisasi.

5)Menyiapkan dosen / pendidik yang profesional dan memiliki kemampuan menghadapi persaingan global.

6)Menyediakan literatur dan jurnal dalam bentuk e-journal dan e-book yang up to date dan mudah diakses.

7)Memberikan materi perkuliahan yang menumbuhkan kemampuan berwi-rausaha dan kompetitif.

8)Meningkatkan secara rutin jumlah diskusi ilmiah antara mahasiswa dengan ilmuwan atau praktisi psikologi.

9)Memberikan informasi secara cepat perkembangan keilmuan di bidang psikologi kepada mahasiswa.

10)  Selalu melibatkan mahasiswa untuk berperan aktif dalam sumbangsih penyelesaian permasalahan riil di lapangan.

Program yang dicanangkan :

1)Memberikan kesempatan luas pada mahasiswa untuk berorganisasi di kampus, dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa maupun Badan Eksekutif Mahasiswa.

2)Memberikan pelatihan pada dosen tentang kemampuan berbahasa Inggris dan multimedia.

3)Meningkatkan jumlah penelitian dosen yang dibiayai oleh Dikti.

4)Meningkatkan pengiriman makalah penelitian dosen ke jurnal-jurnal ilmiah yang terakreditasi.

5)Meningkatkan pengiriman dosen untuk ikut dalam seminar dan diskusi ilmiah, dalam konteks regional, nasional dan Internasional.

6)Meningkatkan jumlah kegiatan ilmiah di dalam kampus, yang melibatkan para dosen dan mahasiswa untuk memberikan solusi terhadap dampak globalisasi.

7)Mengadakan pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang mampu menumbuhkan dan meningkatkan komitmen dan kedisiplinan pelaksanaan PBM.

8)Membangun kerjasama dengan pihak luar untuk meningkatkan kemampuan dosen dan program studi Psikologi.

9)Membangun kerjasama dengan masyarakat luas baik dalam bentuk seminar, lokakarya, maupun diskusi peran ilmu psikologi dalam pertumbuhan karakter bangsa.

10)  Setiap dosen berusaha memberikan materi perkuliahan yang didasari oleh hasil penelitian.

11)  Dicanangkan secara rutin diskusi ilmiah antara mahasiswa, dosen dan para praktisi bertaraf nasional.

12)  Mengaktifkan dosen-dosen untuk selalu memantau perkembangan keilmuan baik dari media cetak, elektronik maupun internet, sehingga program studi harus berlangganan media cetak, meningkatkan kemampuan internet dan berlangganan jurnal nasional maupun internasional.

Membuat banyak ruang-ruang hotspot yang memudahkan mahasiswa untuk mencari informasi terkini dari internet terkait dengan berbagai perkembangan hasil penelitian psikologi.

3. Bidang Minat

Fakultas Psikologi Untag Surabaya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan minat belajarnya secara lebih mendalam. Ada 5 (lima) pilihan pengembangan minat belajar, yaitu:

Psikologi Industri/Organisasi, Sosial, Pendidikan, Perkembangan, Pendi-dikan, Klinis.

Tujuan akhir pembelajaran enam peminatan tersebut adalah:

  1. Tujuan peminatan Psikologi Industri dan Organisasi adalah agar: mahasis-wa dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang pengembangan ma-nusia dan organisasi.
  2. Tujuan peminatan Psikologi Sosial adalah agar: mahasiswa dapat melaku-kan penelitian berdasarkan penguasaan paradigma dan metodologi penelitian di bidang psikologi sosial.
  3. Tujuan peminatan Psikologi Perkembangan adalah agar: mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dan teori psikologi perkembangan manusia sepanjang hayat
  4. Tujuan peminatan Psikologi Pendidikan adalah agar mahasiswa dapat dapat melakukan penelitian berdasarkan penguasaan paradigma dan metodologi penelitian di bidang psikologi pendidkan.
  5. Tujuan peminatan Psikologi Klinis adalah agar: maha-siswa dapat menguasai ketrampilan dasar psikologi klinis yang terdiri dari konseling dan promosi kesehatan.

4. Struktur Kurikulum Sesuai Urutan Mata Kuliah (MK)

Pendidikan Sarjana Psikologi Untag Surabaya menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS). Mahasiswa harus menempuh sedikitnya 146 sks untuk dapat dinyatakan lulus sebagai Sarjana Psikologi. Struktur kurikulum 146 sks terbagi menjadi : 1. Mata Kuliah Wajib yang terdiri dari : Mata Kuliah Pengem-bangan Kepribadian (MPK :13 SKS), Mata Kuliah Keilmuan dan Ke-trampilan (MKK : 80 SKS), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB : 22 SKS), Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB - Wajib : 11 SKS), Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB :16 SKS). Mata Kuliah Pilihan yang terdiri dari : Pilihan Bebas (MPB – Pilihan : 4 SKS)

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

 

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

001063

Pendidikan Kwarganegaraan

3

 

2

0010….

Agama……………………………

3

 

3

001073

Bahasa Indonesia

3

 

4

511042

Bahasa Inggris

2

 

5

511052

Kode Etik Psikologi

2

 
   

Jumlah

13

SKS

         

Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)

 

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

512012

Filsafat Umum

2

 

2

512022

Filsafat Manusia

2

 

3

512032

Antropobiologi

2

 

4

512042

Sosiologi

2

 

5

512053

Psikologi Umum I

3

 

6

512063

Psikologi Umum II

3

 

7

512073

Statistik

3

 

8

512082

Statistik Nonparametrik

2

 

9

512093

Metodologi Penelitian Kuantitatif

3

 

10

512103

Metodologi Penelitian Kualitatif

3

 

11

512112

Psikologi Kognitif

2

 

12

512123

Psikologi Faal

3

 

13

512133

Psikologi Perkembangan I

3

 

14

512143

Psikologi Perkembangan II

3

 

15

512153

Psikologi Sosial I

3

 

16

512163

Psikologi Sosial II

3

 

17

512173

Psikologi Kepribadian I

3

 

18

512183

Psikologi Kepribadian II

3

 

19

512193

Psikologi Abnormal

3

 

20

512203

Psikologi Pendidikan

3

 

21

512213

Psikologi Industri & Organisasi

3

 

22

512223

Psikologi Eksperimen

3

 

23

512233

Psikometri

3

 

24

512243

Konstruksi Alat Ukur

3

 

25

512253

Psikologi Klinis

3

 

26

512262

Kesehatan Mental

2

 

27

512273

Psikologi Konseling

3

 

28

512282

Psikologi Belajar

2

 

29

512292

Psikologi Proyektif

2

 

30

512302

Psikologi Komunikasi

2

 
   

Jumlah

80

SKS

         

Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

   

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

513013

Psikodiagnostik I

3

 

2

513023

Psikodiagnostik II

3

 

3

513033

Psikodiagnostik III

3

 

4

513043

Tes Intelegensi

3

 

5

513052

Tes Bakat dan Minat

2

 

6

513062

Tes Grafis dan Wartegg

2

 

7

513072

Tes Inventory

2

 

8

513082

Tes Rorschach

2

 

9

513092

TAT dan CAT

2

 
   

Jumlah

22

SKS

         

Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)

   
   

a. Pilihan Wajib

   

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

514012

Psikoterapi

2

 

2

514022

Dinamika Kelompok

2

 

3

514032

Teknik Penyus. Proposal dan Skripsi

2

 

4

514043

Teknik Konseling

3

 

5

514052

Desain Pelatihan

2

 
   

Jumlah

11

SKS

         
   

b. Pilihan Bebas ( Minimal 4 SKS )

   

6

514062

Psikologi Dalam

2

 

7

514072

Modifikasi Perilaku

2

 

8

514082

Konseling Kelompok

2

 

9

514092

Psikologi Kesehatan

2

 

10

514102

Bimbingan & Penyuluhan Sekolah

2

 

11

514112

Pendidikan Anak Usia Dini

2

 

12

514122

Psikologi Lintas Budaya

2

 

13

514132

Psikologi Forensik

2

 

14

514142

Patologi dan Rehabilitasi Sosial

2

 

15

514152

Analisa Jabatan

2

 

16

514162

Psikologi Sumber Daya Manusia

2

 

17

514172

Psikologi Konsumen

2

 

18

514182

Kewirausahaan

2

 

19

514192

Psikologi Anak Khusus

2

 

20

514202

KPP Anak dan Remaja

2

 
   

Jumlah

30

SKS

         

Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB)

 

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

515012

Sem. Psikologi Perkembangan **)

2

 

2

515022

Sem. Psikologi Pendidikan **)

2

 

3

515032

Sem. Psikologi Sosial **)

2

 

4

515042

Sem. Psi. Industri & Organisasi **)

2

 

5

515052

Sem. Psikologi Klinis **)

2

 

9

005013

Ilmu Sosial & Budaya Dasar

3

 

7

005023

Ilmu Kealaman Dasar

3

 

8

005032

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

2

 

6

515066

Skripsi

6

 
   

Jumlah

16

SKS

           

 

*) Berlaku untuk mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

semua angkatan

       
             

*) Bagi mahasiswa angkatan 2008/2009 dan angkatan sebelumnya akan dilakukan

konversi

         
             

*) Bagi mahasiswa angkatan sebelum 2006/2007, diwajibkan menempuh ujian TOEFL

dengan skor minimal 400, yang nantinya akan dimasukkan menjadi nilai mata kuliah

Bahasa Inggris

       
             
 

Rumus untuk mengetahui Indek Prestasi Komulatif (IPK) =

   
             
 

Jumlah SKS mata kuliah yang diambil X nilai bobot masing-masing

   

Jumlah SKS mata kuliah yang diambil

   

PROGRAM PENDIDIKAN SARJANA PSIKOLOGI

Nomor SK pendirian PS : 0501-0/1985, Tanggal SK pendirian PS : 1 November 1985 Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS : Menteri Pendidikan dan Kebu-dayaan RI Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan PS   : September 1985 Nomor SK Izin Operasional : 4463/D/T/2008 Tanggal SK Izin Operasional : 19 Desember 2008. No. Telepon PS : 031 5931800 ext. 253, 274, 275 dan 276

No. Faksimili PS : 031-5990029 Homepage dan E-mail PS : http://www. untag-sby. ac.id.

1. Tujuan

             

1.Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi dan Psikolog yang tanggap terhadap problematika di masyarakat, khususnya masalah yang muncul sebagai dampak industri perkotaan.

2.Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi dan Psikolog yang mampu mengaplikasikan ilmu Psikologi secara luas dalam berbagai bidang kehidupan secara bijak dan bertanggungjawab, profesional dan berkualitas yang berlandaskan pada ideologi Pancasila.

3.Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi dan Psikolog yang kritis dan berwawasan global, serta memiliki pribadi tangguh yang siap bersaing dalam dunia kerja.

2. Sasaran dan strategi pencapaiannya

Sasaran yang ingin dicapai oleh program studi ini adalah:

1.Meningkatkan mutu lulusan dengan mengasah kemampuan dan kepekaan pengamatan terhadap dampak lingkungan industrial bagi kesejahteraan psikologis masyarakat perkotaan.

2.Meningkatkan profesionalisme dosen dan mahasiswa melalui kerjasama dengan berbagai pihak pengguna jasa layanan psikologi. Baik dalam bentuk penelitian, pengabdian masyarakat, pelatihan, seminar dan kegiatan ilmiah yang lain.

3.Melakukan rekonstruksi kurikulum secara periodik (2 tahunan), dalam upaya mengantisipasi perkembangan problem yang terjadi pada masyarakat di lingkungan industri perkotaan.

4.Mengoptimalkan proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu lulusan dengan IPK rata-rata 3.00 dan masa belajar rata-rata 8 semester.

Adapun strategi pencapaiannya adalah dengan membuat kurikulum yang dapat mendukung tujuan program studi yaitu kurikulum yang selalu me-nyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi serta menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan baik. Strategi diatas didukung oleh tenaga pengajar yang memiliki kemampuan akademis tinggi dan profesional. Demi tercapainya sasaran yang diharapkan, maka dilakukan upaya pemenuhan sarana dan prasarana belajar berupa ruang kuliah yang representatif, penyediaan buku-buku yang menunjang, dan penyelenggaraan kegiatan mahasiswa yang sesuai dengan mata kuliah yang tersaji. Strategi lain yang dilakukan adalah dengan me-lakukan praktek pelatihan di berbagai pengguna jasa yang membutuhkan, sekaligus agar terjadi keterkaitan antara dunia akademis dengan kebutuhan masyarakat pengguna.

         Sasaran mutu yang ditetapkan digolongkan menjadi tiga bidang yaitu : Bidang Akademik & Pengajaran, Bidang Penelitian dan Bidang pengabdian masyarakat.

a. Sasaran Mutu Bidang Akademik

1).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang berkualitas, yakni sebagai ilmu-wan yang siap bekerja dan mudah terserap oleh masyarakat dan institusi.

2).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang mampu melakukan penelitian di bidang psikologi, mampu melakukan wawancara dan konseling tentang permasalahan psikologis individu maupun kelompok; serta mampu merancang dan melaksana-kan pelatihan dalam bidang psikologi.

3).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang memiliki jiwa entrepreneurship dan mampu berwirausaha.

4).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang memiliki soft skill atau life skill, sehingga mampu menerapkan pada masyarakat.

5).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang mampu mencapai kelulusan lebih cepat.

6).   Mengupayakan para dosen untuk mengikuti studi lanjut (S-3).

7).   Mengusahakan agar para dosen memiliki kompetensi yang handal sesuai dengan bidang konsentrasinya.

8).   Mengarahkan dosen untuk memiliki kemampuan yang memadai dalam rangka transfer of knowledge kepada mahasiswa, sehingga mereka harus memiliki kemampuan untuk membuat Satuan Acara Perkuliahan, Hand-out dan Buku Ajar yang memadai untuk menunjang Proses Belajar Mengajar.

9).   Mengarahkan dosen dan mahasiswa untuk mengikuti seminar ilmiah dan pela-tihan bidang psikologi, baik pada tingkat regional, nasional, maupun interna-sional.

10).Mendorong dosen untuk berperan aktif pada organisasi profesi psikologi (Him-punan Psikologi Indonesia) untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas.

11).Kurikulum program studi psikologi lebih disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat, serta Kolokium Psikologi Indonesia.

12).Kurikulum program studi psikologi lebih menekankan skill daripada kon-septual / teoritis.

13).Proses belajar mengajar yang lancar dengan adanya ketersediaan berbagai literatur, baik textbook maupun jurnal psikologi (Nasional maupun Internasi-onal), e-book, jurnal on-line yang dibutuhkan oleh dosen maupun ma-hasiswa sesuai dengan mata kuliah dari kurikulum.

14).Proses belajar mengajar yang menyediakan ruangan yang lebih nyaman dan kondusif.

b. Sasaran Mutu Bidang Penelitian

1). Meningkatkan jumlah penelitian dosen untuk publikasi ilmiah dalam bentuk jur-nal, minimal satu karya dalam satu tahun untuk masing-masing dosen.

2).Meningkatkan keterlibatan dosen dalam penelitian interdisipliner dengan ko-ordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNTAG Surabaya mi-nimal dua dosen dalam satu tahun.

3). Meningkatkan jumlah Skripsi mahasiswa sebanyak tiga judul untuk dimuat dalam Jurnal Ilmiah.

c. Sasaran Mutu Bidang Pengabdian Pada Masyarakat.

1).Meningkatkan peran dosen untuk memberikan pelatihan dalam rangka pem-berdayaaan masyarakat sebanyak tiga kali dalam satu tahun.

2).Meningkatkan peran dosen untuk memberikan seminar/ceramah-ceramah dalam rangka pemberdayaan masyarakat sebanyak tiga kali dalam satu tahun.

3). Mengarahkan setiap kegiatan mahasiswa di luar kampus, seperti studi lapangan agar dapat bermanfaat untuk masyarakat (bernilai pengabdian). Studi Lapangan tersebut dikaitkan dengan mata kuliah yang relevan, seperti : desain pelatihan psikologi, seminar psikologi, psikoterapi, metode penelitian kualitatif dan lain-lain.

4).Memfasilitasi kegiatan pengabdian masyarakat bagi mahasiswa yang dibutuhkan lembaga lain di luar Untag Surabaya minimal satu kali selama masa studi.

5).Meningkatkan peran dosen dan mahasiswa untuk bekerjasama dengan Pergu-ruan Tinggi lain dan organisasi profesi untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

d. Strategi Pencapaian

          Untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah dicanangkan, program studi Psikologi menerapkan strategi pencapaian sebagaimana diuraikan di bawah ini. Strategi pencapaian tersebut dipaparkan satu persatu berdasarkan tujuan yang ingin dicapai.

Tujuan 1 :

          Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi yang tanggap terhadap problematika di masyarakat, khususnya masalah yang muncul sebagai dampak industri perkotaan.

Strategi yang dilakukan adalah :

1)Melakukan perubahan kurikulum yang intensif dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kondisi masyarakat, serta mendasarkan kurikulum sesuai hasil kesepakatan Kolokum Psikologi Indonesia.

2)Menyiapkan materi perkuliahan yang menekankan pada penyelesaian permasalahan perkotaan dan harus dilakukan oleh setiap dosen pengampu mata kuliah dalam bentuk SAP, hand-out dan buku ajar.

3)Memberikan tugas-tugas yang mengasah ketrampilan dalam menghadapi problem-problem sosial di perkotaan.

4)Membekali dan meningkatkan pengetahuan tentang problem sosial di perkotaan.

Program-program yang dicanangkan adalah :

a.Mengadakan Rapat Kerja yang dihadiri oleh seluruh dosen dan karyawan Fakultas Psikologi, yang membahas Kurikulum dan penyempurnaan proses belajar mengajar.

b.Mengadakan pelatihan dan workshop kepada semua dosen untuk mere-majakan SAP, hand-out dan buku ajar yang sesuai dengan kurikulum.

c.Tinjauan dan kunjungan ke tengah-tengah masyarakat serta memberikan alternatif solusi peningkatan perkembangan berkehidupan masyarakat.

d.Membuka pelayanan-pelayanan untuk memberikan konsultasi permasalahan-permasalahan masyarakat.

e.Membangun kerjasama dengan masyarakat atau pihak luar untuk mening-katkan peran serta program studi Psikologi di masyarakat.

Tujuan 2 :

Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi yang mampu mengaplika-sikan ilmu Psikologi secara luas dalam berbagai bidang kehidupan secara bijak dan bertanggungjawab, profesional dan berkualitas yang berlandaskan pada ideologi Pancasila.

Strategi :

1)Meningkatkan jumlah diskusi atau kerja kelompok yang dilakukan oleh ma-hasiswa sehingga mampu membangun pola pikir ilmiah mahasiswa.

2)Membekali mahasiswa dengan berbagai soft skill (life skills).

3)Memberikan tugas kepada mahasiswa yang berkaitan dengan permasalahan terkini / aktual dimasyarakat.

4)Membekali mahasiswa dengan ketrampilan melakukan penelitian, baik yang kuantitatif dan kualitatif.

Program yang dicanangkan adalah :

1)Membangun ruang-ruang atau area baik di dalam maupun di luar gedung, yang berfungsi sebagai fasilitas untuk diskusi atau bekerja kelompok di luar ruang kelas (kuliah) yang mampu menghidupkan suasana akademik.

2)Mengadakan acara seminar atau diskusi ilmiah yang mampu membangun semangat pengembangan keilmuan mahasiswa dan dosen.

3)Meningkatkan jumlah penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa.

4)Meningkatkan jumlah kunjungan mahasiswa ke masyarakat untuk menda-patkan data permasalahan yang terjadi di lapangan, sebagai bahan diskusi dan penyelesaian ilmiah mahasiswa dan dosen.

5)Memberikan pelatihan kepada mahasiswa tentang berbagai kemampuan yang bisa meningkatkan soft skill / life skills.

Tujuan 3 :

          Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi yang kritis dan berwa-wasan global, serta memiliki pribadi tangguh yang siap bersaing dalam dunia kerja.

Strategi yang dilakukan :

1)Mendorong mahasiswa tidak hanya aktif dalam bidang akademis, namun juga aktif berorganisasi di kampus.

2)   Mengarahkan mahasiswa untuk mampu mengakses berbagai informasi dari tehnologi informasi untuk menyelesaikan tugas perkuliahan.

3)Menyiapkan mahasiswa untuk mampu bersaing dengan kompetisi global.

4)Menyiapkan dosen / pendidik yang menguasai materi sesuai dengan tun-tutan perkembangan globalisasi.

5)Menyiapkan dosen / pendidik yang profesional dan memiliki kemampuan menghadapi persaingan global.

6)Menyediakan literatur dan jurnal dalam bentuk e-journal dan e-book yang up to date dan mudah diakses.

7)Memberikan materi perkuliahan yang menumbuhkan kemampuan berwi-rausaha dan kompetitif.

8)Meningkatkan secara rutin jumlah diskusi ilmiah antara mahasiswa dengan ilmuwan atau praktisi psikologi.

9)Memberikan informasi secara cepat perkembangan keilmuan di bidang psikologi kepada mahasiswa.

10)  Selalu melibatkan mahasiswa untuk berperan aktif dalam sumbangsih penyelesaian permasalahan riil di lapangan.

Program yang dicanangkan :

1)Memberikan kesempatan luas pada mahasiswa untuk berorganisasi di kampus, dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa maupun Badan Eksekutif Mahasiswa.

2)Memberikan pelatihan pada dosen tentang kemampuan berbahasa Inggris dan multimedia.

3)Meningkatkan jumlah penelitian dosen yang dibiayai oleh Dikti.

4)Meningkatkan pengiriman makalah penelitian dosen ke jurnal-jurnal ilmiah yang terakreditasi.

5)Meningkatkan pengiriman dosen untuk ikut dalam seminar dan diskusi ilmiah, dalam konteks regional, nasional dan Internasional.

6)Meningkatkan jumlah kegiatan ilmiah di dalam kampus, yang melibatkan para dosen dan mahasiswa untuk memberikan solusi terhadap dampak globalisasi.

7)Mengadakan pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang mampu menumbuhkan dan meningkatkan komitmen dan kedisiplinan pelaksanaan PBM.

8)Membangun kerjasama dengan pihak luar untuk meningkatkan kemampuan dosen dan program studi Psikologi.

9)Membangun kerjasama dengan masyarakat luas baik dalam bentuk seminar, lokakarya, maupun diskusi peran ilmu psikologi dalam pertumbuhan karakter bangsa.

10)  Setiap dosen berusaha memberikan materi perkuliahan yang didasari oleh hasil penelitian.

11)  Dicanangkan secara rutin diskusi ilmiah antara mahasiswa, dosen dan para praktisi bertaraf nasional.

12)  Mengaktifkan dosen-dosen untuk selalu memantau perkembangan keilmuan baik dari media cetak, elektronik maupun internet, sehingga program studi harus berlangganan media cetak, meningkatkan kemampuan internet dan berlangganan jurnal nasional maupun internasional.

Membuat banyak ruang-ruang hotspot yang memudahkan mahasiswa untuk mencari informasi terkini dari internet terkait dengan berbagai perkembangan hasil penelitian psikologi.

3. Bidang Minat

Fakultas Psikologi Untag Surabaya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan minat belajarnya secara lebih mendalam. Ada 5 (lima) pilihan pengembangan minat belajar, yaitu:

Psikologi Industri/Organisasi, Sosial, Pendidikan, Perkembangan, Pendi-dikan, Klinis.

Tujuan akhir pembelajaran enam peminatan tersebut adalah:

  1. Tujuan peminatan Psikologi Industri dan Organisasi adalah agar: mahasis-wa dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang pengembangan ma-nusia dan organisasi.
  2. Tujuan peminatan Psikologi Sosial adalah agar: mahasiswa dapat melaku-kan penelitian berdasarkan penguasaan paradigma dan metodologi penelitian di bidang psikologi sosial.
  3. Tujuan peminatan Psikologi Perkembangan adalah agar: mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dan teori psikologi perkembangan manusia sepanjang hayat
  4. Tujuan peminatan Psikologi Pendidikan adalah agar mahasiswa dapat dapat melakukan penelitian berdasarkan penguasaan paradigma dan metodologi penelitian di bidang psikologi pendidkan.
  5. Tujuan peminatan Psikologi Klinis adalah agar: maha-siswa dapat menguasai ketrampilan dasar psikologi klinis yang terdiri dari konseling dan promosi kesehatan.

4. Struktur Kurikulum Sesuai Urutan Mata Kuliah (MK)

Pendidikan Sarjana Psikologi Untag Surabaya menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS). Mahasiswa harus menempuh sedikitnya 146 sks untuk dapat dinyatakan lulus sebagai Sarjana Psikologi. Struktur kurikulum 146 sks terbagi menjadi : 1. Mata Kuliah Wajib yang terdiri dari : Mata Kuliah Pengem-bangan Kepribadian (MPK :13 SKS), Mata Kuliah Keilmuan dan Ke-trampilan (MKK : 80 SKS), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB : 22 SKS), Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB - Wajib : 11 SKS), Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB :16 SKS). Mata Kuliah Pilihan yang terdiri dari : Pilihan Bebas (MPB – Pilihan : 4 SKS)

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

 

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

001063

Pendidikan Kwarganegaraan

3

 

2

0010….

Agama……………………………

3

 

3

001073

Bahasa Indonesia

3

 

4

511042

Bahasa Inggris

2

 

5

511052

Kode Etik Psikologi

2

 
   

Jumlah

13

SKS

         

Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)

 

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

512012

Filsafat Umum

2

 

2

512022

Filsafat Manusia

2

 

3

512032

Antropobiologi

2

 

4

512042

Sosiologi

2

 

5

512053

Psikologi Umum I

3

 

6

512063

Psikologi Umum II

3

 

7

512073

Statistik

3

 

8

512082

Statistik Nonparametrik

2

 

9

512093

Metodologi Penelitian Kuantitatif

3

 

10

512103

Metodologi Penelitian Kualitatif

3

 

11

512112

Psikologi Kognitif

2

 

12

512123

Psikologi Faal

3

 

13

512133

Psikologi Perkembangan I

3

 

14

512143

Psikologi Perkembangan II

3

 

15

512153

Psikologi Sosial I

3

 

16

512163

Psikologi Sosial II

3

 

17

512173

Psikologi Kepribadian I

3

 

18

512183

Psikologi Kepribadian II

3

 

19

512193

Psikologi Abnormal

3

 

20

512203

Psikologi Pendidikan

3

 

21

512213

Psikologi Industri & Organisasi

3

 

22

512223

Psikologi Eksperimen

3

 

23

512233

Psikometri

3

 

24

512243

Konstruksi Alat Ukur

3

 

25

512253

Psikologi Klinis

3

 

26

512262

Kesehatan Mental

2

 

27

512273

Psikologi Konseling

3

 

28

512282

Psikologi Belajar

2

 

29

512292

Psikologi Proyektif

2

 

30

512302

Psikologi Komunikasi

2

 
   

Jumlah

80

SKS

         

Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

   

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

513013

Psikodiagnostik I

3

 

2

513023

Psikodiagnostik II

3

 

3

513033

Psikodiagnostik III

3

 

4

513043

Tes Intelegensi

3

 

5

513052

Tes Bakat dan Minat

2

 

6

513062

Tes Grafis dan Wartegg

2

 

7

513072

Tes Inventory

2

 

8

513082

Tes Rorschach

2

 

9

513092

TAT dan CAT

2

 
   

Jumlah

22

SKS

         

Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)

   
   

a. Pilihan Wajib

   

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

514012

Psikoterapi

2

 

2

514022

Dinamika Kelompok

2

 

3

514032

Teknik Penyus. Proposal dan Skripsi

2

 

4

514043

Teknik Konseling

3

 

5

514052

Desain Pelatihan

2

 
   

Jumlah

11

SKS

         
   

b. Pilihan Bebas ( Minimal 4 SKS )

   

6

514062

Psikologi Dalam

2

 

7

514072

Modifikasi Perilaku

2

 

8

514082

Konseling Kelompok

2

 

9

514092

Psikologi Kesehatan

2

 

10

514102

Bimbingan & Penyuluhan Sekolah

2

 

11

514112

Pendidikan Anak Usia Dini

2

 

12

514122

Psikologi Lintas Budaya

2

 

13

514132

Psikologi Forensik

2

 

14

514142

Patologi dan Rehabilitasi Sosial

2

 

15

514152

Analisa Jabatan

2

 

16

514162

Psikologi Sumber Daya Manusia

2

 

17

514172

Psikologi Konsumen

2

 

18

514182

Kewirausahaan

2

 

19

514192

Psikologi Anak Khusus

2

 

20

514202

KPP Anak dan Remaja

2

 
   

Jumlah

30

SKS

         

Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB)

 

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

515012

Sem. Psikologi Perkembangan **)

2

 

2

515022

Sem. Psikologi Pendidikan **)

2

 

3

515032

Sem. Psikologi Sosial **)

2

 

4

515042

Sem. Psi. Industri & Organisasi **)

2

 

5

515052

Sem. Psikologi Klinis **)

2

 

9

005013

Ilmu Sosial & Budaya Dasar

3

 

7

005023

Ilmu Kealaman Dasar

3

 

8

005032

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

2

 

6

515066

Skripsi

6

 
   

Jumlah

16

SKS

           

 

*) Berlaku untuk mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

semua angkatan

       
             

*) Bagi mahasiswa angkatan 2008/2009 dan angkatan sebelumnya akan dilakukan

konversi

         
             

*) Bagi mahasiswa angkatan sebelum 2006/2007, diwajibkan menempuh ujian TOEFL

dengan skor minimal 400, yang nantinya ak

PROGRAM PENDIDIKAN SARJANA PSIKOLOGI

 

Nomor SK pendirian PS : 0501-0/1985, Tanggal SK pendirian PS : 1 November 1985 Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS : Menteri Pendidikan dan Kebu-dayaan RI Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan PS         : September 1985 Nomor SK Izin Operasional  :  4463/D/T/2008 Tanggal SK Izin Operasional : 19 Desember 2008. No. Telepon PS :  031 5931800 ext. 253, 274, 275 dan 276

 

No. Faksimili PS : 031-5990029 Homepage dan E-mail PS : http://www. untag-sby. ac.id.

1. Tujuan

 

 

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi dan Psikolog yang tanggap terhadap problematika di masyarakat, khususnya masalah yang muncul sebagai dampak industri perkotaan.
  2. Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi dan Psikolog yang mampu mengaplikasikan ilmu Psikologi secara luas dalam berbagai bidang kehidupan secara bijak dan bertanggungjawab, profesional dan berkualitas yang berlandaskan pada ideologi Pancasila.
  3. Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi dan Psikolog yang kritis dan berwawasan global, serta memiliki pribadi tangguh yang siap bersaing dalam dunia kerja.

 

2. Sasaran dan strategi pencapaiannya

 

 

Sasaran yang ingin dicapai oleh program studi ini adalah:

  1. Meningkatkan mutu lulusan dengan mengasah kemampuan dan kepekaan pengamatan terhadap dampak lingkungan industrial bagi kesejahteraan psikologis masyarakat perkotaan.
  2. Meningkatkan profesionalisme dosen dan mahasiswa melalui kerjasama dengan berbagai pihak pengguna jasa layanan psikologi. Baik dalam bentuk penelitian, pengabdian masyarakat, pelatihan, seminar dan kegiatan ilmiah yang lain.
  3. Melakukan rekonstruksi kurikulum secara periodik (2 tahunan), dalam upaya mengantisipasi perkembangan problem yang terjadi pada masyarakat di lingkungan industri perkotaan.
  4. Mengoptimalkan proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu lulusan dengan IPK rata-rata 3.00 dan masa belajar rata-rata 8 semester.

 

Adapun strategi pencapaiannya adalah dengan membuat kurikulum yang dapat mendukung tujuan program studi yaitu kurikulum yang selalu me-nyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi serta menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan baik. Strategi diatas didukung oleh tenaga pengajar yang memiliki kemampuan akademis tinggi dan profesional. Demi tercapainya sasaran yang diharapkan, maka dilakukan upaya pemenuhan sarana dan prasarana belajar berupa ruang kuliah yang representatif, penyediaan buku-buku yang menunjang, dan penyelenggaraan kegiatan mahasiswa yang sesuai dengan mata kuliah yang tersaji. Strategi lain yang dilakukan adalah dengan me-lakukan praktek pelatihan di berbagai pengguna jasa yang membutuhkan, sekaligus agar terjadi keterkaitan antara dunia akademis dengan kebutuhan masyarakat pengguna.

 

Sasaran mutu yang ditetapkan digolongkan menjadi tiga bidang yaitu : Bidang Akademik & Pengajaran, Bidang Penelitian dan Bidang pengabdian masyarakat.

a. Sasaran Mutu Bidang Akademik

1).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang berkualitas, yakni sebagai ilmu-wan  yang siap bekerja dan mudah terserap oleh masyarakat dan institusi.

2).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang mampu melakukan penelitian di bidang psikologi, mampu melakukan wawancara dan konseling tentang permasalahan psikologis individu maupun kelompok; serta mampu merancang dan melaksana-kan pelatihan dalam bidang psikologi.

3).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang memiliki jiwa entrepreneurship dan mampu berwirausaha.

4).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang memiliki soft skill atau life skill, sehingga mampu menerapkan pada masyarakat.

5).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang mampu mencapai kelulusan lebih cepat.

6).   Mengupayakan para dosen untuk mengikuti studi lanjut (S-3).

7).   Mengusahakan agar para dosen memiliki kompetensi yang handal sesuai dengan bidang konsentrasinya.

8).   Mengarahkan dosen untuk memiliki kemampuan yang memadai dalam rangka transfer of knowledge kepada mahasiswa, sehingga mereka harus memiliki kemampuan untuk membuat Satuan Acara Perkuliahan, Hand-out dan Buku Ajar yang memadai untuk menunjang Proses Belajar Mengajar.

9).   Mengarahkan dosen dan mahasiswa untuk mengikuti seminar ilmiah dan pela-tihan bidang psikologi, baik pada tingkat regional, nasional, maupun interna-sional.

10).  Mendorong dosen untuk berperan aktif pada organisasi profesi psikologi (Him-punan Psikologi Indonesia) untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas.

11).  Kurikulum program studi psikologi lebih disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat, serta Kolokium Psikologi Indonesia.

12).  Kurikulum program studi psikologi lebih menekankan skill daripada kon-septual / teoritis.

 

13).  Proses belajar mengajar yang lancar dengan adanya ketersediaan berbagai literatur, baik textbook maupun jurnal psikologi (Nasional maupun Internasi-onal), e-book, jurnal on-line yang dibutuhkan oleh dosen maupun ma-hasiswa sesuai dengan mata kuliah dari kurikulum.

14).  Proses belajar mengajar yang menyediakan ruangan yang lebih nyaman dan kondusif.

b. Sasaran Mutu Bidang Penelitian

1). Meningkatkan jumlah penelitian dosen untuk publikasi ilmiah dalam bentuk jur-nal, minimal satu karya dalam satu tahun untuk masing-masing dosen.

2). Meningkatkan keterlibatan dosen dalam penelitian interdisipliner dengan ko-ordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  UNTAG Surabaya mi-nimal dua dosen dalam satu tahun.

3). Meningkatkan jumlah Skripsi mahasiswa sebanyak tiga judul  untuk dimuat dalam Jurnal Ilmiah.

 

c. Sasaran Mutu Bidang Pengabdian Pada Masyarakat.

1). Meningkatkan  peran dosen untuk memberikan pelatihan dalam rangka pem-berdayaaan masyarakat sebanyak tiga kali dalam satu tahun.

2). Meningkatkan peran dosen untuk memberikan seminar/ceramah-ceramah dalam rangka pemberdayaan masyarakat sebanyak tiga kali dalam satu tahun.

3). Mengarahkan setiap kegiatan mahasiswa di luar kampus, seperti studi lapangan agar dapat bermanfaat untuk masyarakat (bernilai pengabdian). Studi Lapangan tersebut dikaitkan dengan  mata kuliah yang relevan, seperti :  desain pelatihan psikologi, seminar psikologi, psikoterapi, metode penelitian kualitatif dan lain-lain.

4). Memfasilitasi kegiatan pengabdian masyarakat bagi mahasiswa yang dibutuhkan  lembaga lain di luar Untag Surabaya minimal satu kali selama masa studi.

5). Meningkatkan peran dosen dan mahasiswa untuk bekerjasama dengan Pergu-ruan Tinggi lain dan organisasi profesi untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

 

d.  Strategi Pencapaian

Untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah dicanangkan, program studi  Psikologi menerapkan strategi pencapaian sebagaimana diuraikan di bawah ini. Strategi pencapaian tersebut dipaparkan satu persatu berdasarkan tujuan yang ingin dicapai.

Tujuan 1 :

Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi yang tanggap terhadap problematika di masyarakat, khususnya masalah yang muncul sebagai dampak industri perkotaan.

Strategi yang dilakukan adalah :

1)    Melakukan perubahan kurikulum yang intensif dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kondisi masyarakat, serta mendasarkan kurikulum sesuai hasil kesepakatan Kolokum Psikologi Indonesia.

2)    Menyiapkan materi perkuliahan yang menekankan pada penyelesaian permasalahan perkotaan dan harus dilakukan oleh setiap dosen pengampu mata kuliah dalam bentuk SAP, hand-out dan buku ajar.

3)    Memberikan tugas-tugas yang mengasah ketrampilan dalam menghadapi problem-problem sosial di perkotaan.

4)    Membekali dan meningkatkan pengetahuan tentang problem sosial di perkotaan.

 

Program-program yang dicanangkan adalah :

  1. Mengadakan Rapat Kerja yang dihadiri oleh seluruh dosen dan karyawan Fakultas Psikologi, yang membahas Kurikulum dan penyempurnaan proses belajar mengajar.
  2. Mengadakan pelatihan dan workshop kepada semua dosen untuk mere-majakan SAP, hand-out dan buku ajar  yang  sesuai dengan kurikulum.
  3. Tinjauan dan kunjungan ke tengah-tengah masyarakat serta memberikan alternatif solusi peningkatan perkembangan berkehidupan masyarakat.
  4. Membuka pelayanan-pelayanan untuk memberikan konsultasi permasalahan-permasalahan masyarakat.
  5. Membangun kerjasama dengan masyarakat atau pihak luar untuk mening-katkan peran serta program studi Psikologi di masyarakat.

 

Tujuan 2 :

Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi  yang mampu mengaplika-sikan ilmu Psikologi secara luas dalam berbagai bidang kehidupan secara bijak dan bertanggungjawab, profesional dan berkualitas yang berlandaskan pada ideologi Pancasila.

Strategi :

1)    Meningkatkan jumlah diskusi atau kerja kelompok yang dilakukan oleh ma-hasiswa sehingga mampu membangun pola pikir ilmiah mahasiswa.

2)    Membekali mahasiswa dengan berbagai soft skill (life skills).

3)    Memberikan tugas kepada mahasiswa yang berkaitan dengan permasalahan terkini / aktual dimasyarakat.

4)    Membekali mahasiswa dengan ketrampilan melakukan penelitian, baik yang kuantitatif dan kualitatif.

Program yang dicanangkan adalah :

1)    Membangun ruang-ruang atau area baik di dalam maupun di luar gedung, yang berfungsi sebagai fasilitas untuk diskusi atau bekerja kelompok di luar ruang kelas (kuliah) yang mampu menghidupkan suasana akademik.

2)    Mengadakan acara seminar atau diskusi ilmiah yang mampu membangun semangat pengembangan keilmuan mahasiswa dan dosen.

3)    Meningkatkan jumlah penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa.

4)    Meningkatkan jumlah kunjungan mahasiswa ke masyarakat untuk menda-patkan data permasalahan yang terjadi di lapangan, sebagai bahan diskusi dan penyelesaian ilmiah mahasiswa dan dosen.

5)    Memberikan pelatihan kepada mahasiswa tentang berbagai kemampuan yang bisa meningkatkan soft skill / life skills.

Tujuan 3 :

Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi yang kritis dan berwa-wasan global, serta memiliki pribadi tangguh yang siap bersaing dalam dunia kerja.

Strategi yang dilakukan :

1)        Mendorong mahasiswa tidak hanya aktif dalam bidang akademis, namun juga aktif berorganisasi di kampus.

2)      Mengarahkan mahasiswa untuk mampu mengakses berbagai informasi dari tehnologi informasi untuk menyelesaikan tugas perkuliahan.

3)      Menyiapkan mahasiswa untuk mampu bersaing dengan kompetisi global.

4)      Menyiapkan dosen / pendidik yang menguasai materi sesuai dengan tun-tutan perkembangan globalisasi.

5)      Menyiapkan dosen /  pendidik yang profesional dan memiliki kemampuan menghadapi persaingan global.

6)      Menyediakan literatur dan jurnal dalam bentuk e-journal dan e-book yang up to date dan mudah diakses.

7)      Memberikan materi perkuliahan yang menumbuhkan kemampuan berwi-rausaha dan kompetitif.

8)      Meningkatkan secara rutin jumlah diskusi ilmiah antara mahasiswa dengan ilmuwan atau praktisi psikologi.

9)      Memberikan informasi secara cepat perkembangan keilmuan di bidang psikologi kepada mahasiswa.

10)   Selalu melibatkan mahasiswa untuk berperan aktif dalam sumbangsih penyelesaian permasalahan riil di lapangan.

 

Program yang dicanangkan :

1)        Memberikan kesempatan luas pada mahasiswa untuk berorganisasi di kampus, dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa maupun Badan Eksekutif Mahasiswa.

2)        Memberikan pelatihan pada dosen tentang kemampuan berbahasa Inggris dan multimedia.

3)        Meningkatkan jumlah penelitian dosen yang dibiayai oleh Dikti.

4)        Meningkatkan pengiriman makalah penelitian dosen ke jurnal-jurnal ilmiah yang terakreditasi.

5)        Meningkatkan pengiriman dosen untuk ikut dalam seminar dan diskusi ilmiah, dalam konteks regional, nasional dan Internasional.

6)        Meningkatkan jumlah kegiatan ilmiah di dalam kampus, yang melibatkan para dosen dan mahasiswa untuk memberikan solusi terhadap  dampak globalisasi.

7)        Mengadakan pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang mampu menumbuhkan dan meningkatkan komitmen dan kedisiplinan pelaksanaan PBM.

8)        Membangun kerjasama dengan pihak luar untuk meningkatkan kemampuan dosen dan program studi Psikologi.

9)        Membangun kerjasama dengan masyarakat luas baik dalam bentuk seminar, lokakarya, maupun diskusi peran ilmu psikologi dalam pertumbuhan karakter bangsa.

10)   Setiap dosen  berusaha memberikan materi perkuliahan yang didasari oleh hasil penelitian.

11)   Dicanangkan secara rutin diskusi ilmiah antara mahasiswa, dosen dan para praktisi bertaraf nasional.

12)   Mengaktifkan dosen-dosen untuk selalu memantau perkembangan keilmuan baik dari media cetak, elektronik maupun internet, sehingga program studi harus berlangganan media cetak, meningkatkan kemampuan internet dan berlangganan jurnal nasional maupun internasional.

 

Membuat banyak ruang-ruang hotspot yang memudahkan mahasiswa untuk mencari informasi terkini dari internet terkait dengan berbagai perkembangan hasil penelitian psikologi.

3. Bidang Minat

Fakultas Psikologi Untag Surabaya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan minat belajarnya secara lebih mendalam. Ada 5 (lima) pilihan pengembangan minat belajar, yaitu:

Psikologi Industri/Organisasi, Sosial, Pendidikan, Perkembangan, Pendi-dikan, Klinis.

Tujuan akhir pembelajaran enam peminatan tersebut adalah:

  1. Tujuan peminatan Psikologi Industri dan Organisasi adalah agar: mahasis-wa dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang pengembangan ma-nusia dan organisasi.
  2. Tujuan peminatan Psikologi Sosial adalah agar: mahasiswa dapat melaku-kan penelitian berdasarkan penguasaan paradigma dan metodologi penelitian di bidang psikologi sosial.
  3. Tujuan peminatan Psikologi Perkembangan adalah agar: mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dan teori psikologi perkembangan manusia sepanjang hayat
  4. Tujuan peminatan Psikologi Pendidikan adalah agar mahasiswa dapat dapat melakukan penelitian berdasarkan penguasaan paradigma dan metodologi penelitian di bidang psikologi pendidkan.
  5. Tujuan peminatan Psikologi Klinis adalah agar: maha-siswa dapat menguasai ketrampilan dasar psikologi klinis yang terdiri dari konseling dan promosi kesehatan.

4. Struktur Kurikulum Sesuai Urutan Mata Kuliah (MK)

Pendidikan Sarjana Psikologi Untag Surabaya menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS). Mahasiswa harus menempuh sedikitnya 146 sks untuk dapat dinyatakan lulus sebagai Sarjana Psikologi. Struktur kurikulum 146 sks terbagi menjadi : 1. Mata Kuliah Wajib yang terdiri dari : Mata Kuliah Pengem-bangan Kepribadian (MPK :13 SKS), Mata Kuliah Keilmuan dan Ke-trampilan (MKK : 80 SKS), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB : 22 SKS), Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB - Wajib : 11 SKS), Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB :16 SKS). Mata Kuliah Pilihan yang terdiri dari :   Pilihan Bebas (MPB – Pilihan : 4 SKS)

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

 

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

001063

Pendidikan Kwarganegaraan

3

 

2

0010….

Agama……………………………

3

 

3

001073

Bahasa Indonesia

3

 

4

511042

Bahasa Inggris

2

 

5

511052

Kode Etik Psikologi

2

 
   

Jumlah

13

SKS

         

Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)

 

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

512012

Filsafat Umum

2

 

2

512022

Filsafat Manusia

2

 

3

512032

Antropobiologi

2

 

4

512042

Sosiologi

2

 

5

512053

Psikologi Umum I

3

 

6

512063

Psikologi Umum II

3

 

7

512073

Statistik

3

 

8

512082

Statistik Nonparametrik

2

 

9

512093

Metodologi Penelitian Kuantitatif

3

 

10

512103

Metodologi Penelitian Kualitatif

3

 

11

512112

Psikologi Kognitif

2

 

12

512123

Psikologi Faal

3

 

13

512133

Psikologi Perkembangan I

3

 

14

512143

Psikologi Perkembangan II

3

 

15

512153

Psikologi Sosial I

3

 

16

512163

Psikologi Sosial II

3

 

17

512173

Psikologi Kepribadian I

3

 

18

512183

Psikologi Kepribadian II

3

 

19

512193

Psikologi Abnormal

3

 

20

512203

Psikologi Pendidikan

3

 

21

512213

Psikologi Industri & Organisasi

3

 

22

512223

Psikologi Eksperimen

3

 

23

512233

Psikometri

3

 

24

512243

Konstruksi Alat Ukur

3

 

25

512253

Psikologi Klinis

3

 

26

512262

Kesehatan Mental

2

 

27

512273

Psikologi Konseling

3

 

28

512282

Psikologi Belajar

2

 

29

512292

Psikologi Proyektif

2

 

30

512302

Psikologi Komunikasi

2

 
   

Jumlah

80

SKS

         

Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

   

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

513013

Psikodiagnostik I

3

 

2

513023

Psikodiagnostik II

3

 

3

513033

Psikodiagnostik III

3

 

4

513043

Tes Intelegensi

3

 

5

513052

Tes Bakat dan Minat

2

 

6

513062

Tes Grafis dan Wartegg

2

 

7

513072

Tes Inventory

2

 

8

513082

Tes Rorschach

2

 

9

513092

TAT dan CAT

2

 
   

Jumlah

22

SKS

         

Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)

   
   

a. Pilihan Wajib

   

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

514012

Psikoterapi

2

 

2

514022

Dinamika Kelompok

2

 

3

514032

Teknik Penyus. Proposal dan Skripsi

2

 

4

514043

Teknik Konseling

3

 

5

514052

Desain Pelatihan

2

 
   

Jumlah

11

SKS

         
   

b. Pilihan Bebas ( Minimal 4 SKS )

   

6

514062

Psikologi Dalam

2

 

7

514072

Modifikasi Perilaku

2

 

8

514082

Konseling Kelompok

2

 

9

514092

Psikologi Kesehatan

2

 

10

514102

Bimbingan & Penyuluhan Sekolah

2

 

11

514112

Pendidikan Anak Usia Dini

2

 

12

514122

Psikologi Lintas Budaya

2

 

13

514132

Psikologi Forensik

2

 

14

514142

Patologi dan Rehabilitasi Sosial

2

 

15

514152

Analisa Jabatan

2

 

16

514162

Psikologi Sumber Daya Manusia

2

 

17

514172

Psikologi Konsumen

2

 

18

514182

Kewirausahaan

2

 

19

514192

Psikologi Anak Khusus

2

 

20

514202

KPP Anak dan Remaja

2

 
   

Jumlah

30

SKS

         

Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB)

 

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

515012

Sem. Psikologi Perkembangan **)

2

 

2

515022

Sem. Psikologi Pendidikan **)

2

 

3

515032

Sem. Psikologi Sosial **)

2

 

4

515042

Sem. Psi. Industri & Organisasi **)

2

 

5

515052

Sem. Psikologi Klinis **)

2

 

9

005013

Ilmu Sosial & Budaya Dasar

3

 

7

005023

Ilmu Kealaman Dasar

3

 

8

005032

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

2

 

6

515066

Skripsi

6

 
   

Jumlah

16

SKS

           

 

*) Berlaku untuk mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

semua angkatan

       
             

*) Bagi mahasiswa angkatan 2008/2009 dan angkatan sebelumnya akan dilakukan

konversi

         
             

*) Bagi mahasiswa angkatan sebelum 2006/2007, diwajibkan menempuh ujian TOEFL

dengan skor minimal 400, yang nantinya akan dimasukkan menjadi nilai mata kuliah

Bahasa Inggris

       
             
 

Rumus untuk mengetahui Indek Prestasi Komulatif (IPK) =

   
             
 

Jumlah SKS mata kuliah yang diambil X nilai bobot masing-masing

   

Jumlah SKS mata kuliah yang diambil

   

 

 

an dimasukkan menjadi nilai mata kuliah

Bahasa Inggris

       
           

PROGRAM PENDIDIKAN SARJANA PSIKOLOGI

 

Nomor SK pendirian PS : 0501-0/1985, Tanggal SK pendirian PS : 1 November 1985 Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS : Menteri Pendidikan dan Kebu-dayaan RI Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan PS         : September 1985 Nomor SK Izin Operasional  :  4463/D/T/2008 Tanggal SK Izin Operasional : 19 Desember 2008. No. Telepon PS :  031 5931800 ext. 253, 274, 275 dan 276

 

No. Faksimili PS : 031-5990029 Homepage dan E-mail PS : http://www. untag-sby. ac.id.

1. Tujuan

 

 

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi dan Psikolog yang tanggap terhadap problematika di masyarakat, khususnya masalah yang muncul sebagai dampak industri perkotaan.
  2. Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi dan Psikolog yang mampu mengaplikasikan ilmu Psikologi secara luas dalam berbagai bidang kehidupan secara bijak dan bertanggungjawab, profesional dan berkualitas yang berlandaskan pada ideologi Pancasila.
  3. Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi dan Psikolog yang kritis dan berwawasan global, serta memiliki pribadi tangguh yang siap bersaing dalam dunia kerja.

 

2. Sasaran dan strategi pencapaiannya

 

 

Sasaran yang ingin dicapai oleh program studi ini adalah:

  1. Meningkatkan mutu lulusan dengan mengasah kemampuan dan kepekaan pengamatan terhadap dampak lingkungan industrial bagi kesejahteraan psikologis masyarakat perkotaan.
  2. Meningkatkan profesionalisme dosen dan mahasiswa melalui kerjasama dengan berbagai pihak pengguna jasa layanan psikologi. Baik dalam bentuk penelitian, pengabdian masyarakat, pelatihan, seminar dan kegiatan ilmiah yang lain.
  3. Melakukan rekonstruksi kurikulum secara periodik (2 tahunan), dalam upaya mengantisipasi perkembangan problem yang terjadi pada masyarakat di lingkungan industri perkotaan.
  4. Mengoptimalkan proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu lulusan dengan IPK rata-rata 3.00 dan masa belajar rata-rata 8 semester.

 

Adapun strategi pencapaiannya adalah dengan membuat kurikulum yang dapat mendukung tujuan program studi yaitu kurikulum yang selalu me-nyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi serta menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan baik. Strategi diatas didukung oleh tenaga pengajar yang memiliki kemampuan akademis tinggi dan profesional. Demi tercapainya sasaran yang diharapkan, maka dilakukan upaya pemenuhan sarana dan prasarana belajar berupa ruang kuliah yang representatif, penyediaan buku-buku yang menunjang, dan penyelenggaraan kegiatan mahasiswa yang sesuai dengan mata kuliah yang tersaji. Strategi lain yang dilakukan adalah dengan me-lakukan praktek pelatihan di berbagai pengguna jasa yang membutuhkan, sekaligus agar terjadi keterkaitan antara dunia akademis dengan kebutuhan masyarakat pengguna.

 

Sasaran mutu yang ditetapkan digolongkan menjadi tiga bidang yaitu : Bidang Akademik & Pengajaran, Bidang Penelitian dan Bidang pengabdian masyarakat.

a. Sasaran Mutu Bidang Akademik

1).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang berkualitas, yakni sebagai ilmu-wan  yang siap bekerja dan mudah terserap oleh masyarakat dan institusi.

2).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang mampu melakukan penelitian di bidang psikologi, mampu melakukan wawancara dan konseling tentang permasalahan psikologis individu maupun kelompok; serta mampu merancang dan melaksana-kan pelatihan dalam bidang psikologi.

3).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang memiliki jiwa entrepreneurship dan mampu berwirausaha.

4).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang memiliki soft skill atau life skill, sehingga mampu menerapkan pada masyarakat.

5).   Mencetak lulusan sarjana psikologi yang mampu mencapai kelulusan lebih cepat.

6).   Mengupayakan para dosen untuk mengikuti studi lanjut (S-3).

7).   Mengusahakan agar para dosen memiliki kompetensi yang handal sesuai dengan bidang konsentrasinya.

8).   Mengarahkan dosen untuk memiliki kemampuan yang memadai dalam rangka transfer of knowledge kepada mahasiswa, sehingga mereka harus memiliki kemampuan untuk membuat Satuan Acara Perkuliahan, Hand-out dan Buku Ajar yang memadai untuk menunjang Proses Belajar Mengajar.

9).   Mengarahkan dosen dan mahasiswa untuk mengikuti seminar ilmiah dan pela-tihan bidang psikologi, baik pada tingkat regional, nasional, maupun interna-sional.

10).  Mendorong dosen untuk berperan aktif pada organisasi profesi psikologi (Him-punan Psikologi Indonesia) untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas.

11).  Kurikulum program studi psikologi lebih disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat, serta Kolokium Psikologi Indonesia.

12).  Kurikulum program studi psikologi lebih menekankan skill daripada kon-septual / teoritis.

 

13).  Proses belajar mengajar yang lancar dengan adanya ketersediaan berbagai literatur, baik textbook maupun jurnal psikologi (Nasional maupun Internasi-onal), e-book, jurnal on-line yang dibutuhkan oleh dosen maupun ma-hasiswa sesuai dengan mata kuliah dari kurikulum.

14).  Proses belajar mengajar yang menyediakan ruangan yang lebih nyaman dan kondusif.

b. Sasaran Mutu Bidang Penelitian

1). Meningkatkan jumlah penelitian dosen untuk publikasi ilmiah dalam bentuk jur-nal, minimal satu karya dalam satu tahun untuk masing-masing dosen.

2). Meningkatkan keterlibatan dosen dalam penelitian interdisipliner dengan ko-ordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  UNTAG Surabaya mi-nimal dua dosen dalam satu tahun.

3). Meningkatkan jumlah Skripsi mahasiswa sebanyak tiga judul  untuk dimuat dalam Jurnal Ilmiah.

 

c. Sasaran Mutu Bidang Pengabdian Pada Masyarakat.

1). Meningkatkan  peran dosen untuk memberikan pelatihan dalam rangka pem-berdayaaan masyarakat sebanyak tiga kali dalam satu tahun.

2). Meningkatkan peran dosen untuk memberikan seminar/ceramah-ceramah dalam rangka pemberdayaan masyarakat sebanyak tiga kali dalam satu tahun.

3). Mengarahkan setiap kegiatan mahasiswa di luar kampus, seperti studi lapangan agar dapat bermanfaat untuk masyarakat (bernilai pengabdian). Studi Lapangan tersebut dikaitkan dengan  mata kuliah yang relevan, seperti :  desain pelatihan psikologi, seminar psikologi, psikoterapi, metode penelitian kualitatif dan lain-lain.

4). Memfasilitasi kegiatan pengabdian masyarakat bagi mahasiswa yang dibutuhkan  lembaga lain di luar Untag Surabaya minimal satu kali selama masa studi.

5). Meningkatkan peran dosen dan mahasiswa untuk bekerjasama dengan Pergu-ruan Tinggi lain dan organisasi profesi untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

 

d.  Strategi Pencapaian

Untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah dicanangkan, program studi  Psikologi menerapkan strategi pencapaian sebagaimana diuraikan di bawah ini. Strategi pencapaian tersebut dipaparkan satu persatu berdasarkan tujuan yang ingin dicapai.

Tujuan 1 :

Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi yang tanggap terhadap problematika di masyarakat, khususnya masalah yang muncul sebagai dampak industri perkotaan.

Strategi yang dilakukan adalah :

1)    Melakukan perubahan kurikulum yang intensif dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kondisi masyarakat, serta mendasarkan kurikulum sesuai hasil kesepakatan Kolokum Psikologi Indonesia.

2)    Menyiapkan materi perkuliahan yang menekankan pada penyelesaian permasalahan perkotaan dan harus dilakukan oleh setiap dosen pengampu mata kuliah dalam bentuk SAP, hand-out dan buku ajar.

3)    Memberikan tugas-tugas yang mengasah ketrampilan dalam menghadapi problem-problem sosial di perkotaan.

4)    Membekali dan meningkatkan pengetahuan tentang problem sosial di perkotaan.

 

Program-program yang dicanangkan adalah :

  1. Mengadakan Rapat Kerja yang dihadiri oleh seluruh dosen dan karyawan Fakultas Psikologi, yang membahas Kurikulum dan penyempurnaan proses belajar mengajar.
  2. Mengadakan pelatihan dan workshop kepada semua dosen untuk mere-majakan SAP, hand-out dan buku ajar  yang  sesuai dengan kurikulum.
  3. Tinjauan dan kunjungan ke tengah-tengah masyarakat serta memberikan alternatif solusi peningkatan perkembangan berkehidupan masyarakat.
  4. Membuka pelayanan-pelayanan untuk memberikan konsultasi permasalahan-permasalahan masyarakat.
  5. Membangun kerjasama dengan masyarakat atau pihak luar untuk mening-katkan peran serta program studi Psikologi di masyarakat.

 

Tujuan 2 :

Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi  yang mampu mengaplika-sikan ilmu Psikologi secara luas dalam berbagai bidang kehidupan secara bijak dan bertanggungjawab, profesional dan berkualitas yang berlandaskan pada ideologi Pancasila.

Strategi :

1)    Meningkatkan jumlah diskusi atau kerja kelompok yang dilakukan oleh ma-hasiswa sehingga mampu membangun pola pikir ilmiah mahasiswa.

2)    Membekali mahasiswa dengan berbagai soft skill (life skills).

3)    Memberikan tugas kepada mahasiswa yang berkaitan dengan permasalahan terkini / aktual dimasyarakat.

4)    Membekali mahasiswa dengan ketrampilan melakukan penelitian, baik yang kuantitatif dan kualitatif.

Program yang dicanangkan adalah :

1)    Membangun ruang-ruang atau area baik di dalam maupun di luar gedung, yang berfungsi sebagai fasilitas untuk diskusi atau bekerja kelompok di luar ruang kelas (kuliah) yang mampu menghidupkan suasana akademik.

2)    Mengadakan acara seminar atau diskusi ilmiah yang mampu membangun semangat pengembangan keilmuan mahasiswa dan dosen.

3)    Meningkatkan jumlah penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa.

4)    Meningkatkan jumlah kunjungan mahasiswa ke masyarakat untuk menda-patkan data permasalahan yang terjadi di lapangan, sebagai bahan diskusi dan penyelesaian ilmiah mahasiswa dan dosen.

5)    Memberikan pelatihan kepada mahasiswa tentang berbagai kemampuan yang bisa meningkatkan soft skill / life skills.

Tujuan 3 :

Menghasilkan lulusan Sarjana (S-1) Psikologi yang kritis dan berwa-wasan global, serta memiliki pribadi tangguh yang siap bersaing dalam dunia kerja.

Strategi yang dilakukan :

1)        Mendorong mahasiswa tidak hanya aktif dalam bidang akademis, namun juga aktif berorganisasi di kampus.

2)      Mengarahkan mahasiswa untuk mampu mengakses berbagai informasi dari tehnologi informasi untuk menyelesaikan tugas perkuliahan.

3)      Menyiapkan mahasiswa untuk mampu bersaing dengan kompetisi global.

4)      Menyiapkan dosen / pendidik yang menguasai materi sesuai dengan tun-tutan perkembangan globalisasi.

5)      Menyiapkan dosen /  pendidik yang profesional dan memiliki kemampuan menghadapi persaingan global.

6)      Menyediakan literatur dan jurnal dalam bentuk e-journal dan e-book yang up to date dan mudah diakses.

7)      Memberikan materi perkuliahan yang menumbuhkan kemampuan berwi-rausaha dan kompetitif.

8)      Meningkatkan secara rutin jumlah diskusi ilmiah antara mahasiswa dengan ilmuwan atau praktisi psikologi.

9)      Memberikan informasi secara cepat perkembangan keilmuan di bidang psikologi kepada mahasiswa.

10)   Selalu melibatkan mahasiswa untuk berperan aktif dalam sumbangsih penyelesaian permasalahan riil di lapangan.

 

Program yang dicanangkan :

1)        Memberikan kesempatan luas pada mahasiswa untuk berorganisasi di kampus, dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa maupun Badan Eksekutif Mahasiswa.

2)        Memberikan pelatihan pada dosen tentang kemampuan berbahasa Inggris dan multimedia.

3)        Meningkatkan jumlah penelitian dosen yang dibiayai oleh Dikti.

4)        Meningkatkan pengiriman makalah penelitian dosen ke jurnal-jurnal ilmiah yang terakreditasi.

5)        Meningkatkan pengiriman dosen untuk ikut dalam seminar dan diskusi ilmiah, dalam konteks regional, nasional dan Internasional.

6)        Meningkatkan jumlah kegiatan ilmiah di dalam kampus, yang melibatkan para dosen dan mahasiswa untuk memberikan solusi terhadap  dampak globalisasi.

7)        Mengadakan pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang mampu menumbuhkan dan meningkatkan komitmen dan kedisiplinan pelaksanaan PBM.

8)        Membangun kerjasama dengan pihak luar untuk meningkatkan kemampuan dosen dan program studi Psikologi.

9)        Membangun kerjasama dengan masyarakat luas baik dalam bentuk seminar, lokakarya, maupun diskusi peran ilmu psikologi dalam pertumbuhan karakter bangsa.

10)   Setiap dosen  berusaha memberikan materi perkuliahan yang didasari oleh hasil penelitian.

11)   Dicanangkan secara rutin diskusi ilmiah antara mahasiswa, dosen dan para praktisi bertaraf nasional.

12)   Mengaktifkan dosen-dosen untuk selalu memantau perkembangan keilmuan baik dari media cetak, elektronik maupun internet, sehingga program studi harus berlangganan media cetak, meningkatkan kemampuan internet dan berlangganan jurnal nasional maupun internasional.

 

Membuat banyak ruang-ruang hotspot yang memudahkan mahasiswa untuk mencari informasi terkini dari internet terkait dengan berbagai perkembangan hasil penelitian psikologi.

3. Bidang Minat

Fakultas Psikologi Untag Surabaya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan minat belajarnya secara lebih mendalam. Ada 5 (lima) pilihan pengembangan minat belajar, yaitu:

Psikologi Industri/Organisasi, Sosial, Pendidikan, Perkembangan, Pendi-dikan, Klinis.

Tujuan akhir pembelajaran enam peminatan tersebut adalah:

  1. Tujuan peminatan Psikologi Industri dan Organisasi adalah agar: mahasis-wa dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang pengembangan ma-nusia dan organisasi.
  2. Tujuan peminatan Psikologi Sosial adalah agar: mahasiswa dapat melaku-kan penelitian berdasarkan penguasaan paradigma dan metodologi penelitian di bidang psikologi sosial.
  3. Tujuan peminatan Psikologi Perkembangan adalah agar: mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dan teori psikologi perkembangan manusia sepanjang hayat
  4. Tujuan peminatan Psikologi Pendidikan adalah agar mahasiswa dapat dapat melakukan penelitian berdasarkan penguasaan paradigma dan metodologi penelitian di bidang psikologi pendidkan.
  5. Tujuan peminatan Psikologi Klinis adalah agar: maha-siswa dapat menguasai ketrampilan dasar psikologi klinis yang terdiri dari konseling dan promosi kesehatan.

4. Struktur Kurikulum Sesuai Urutan Mata Kuliah (MK)

Pendidikan Sarjana Psikologi Untag Surabaya menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS). Mahasiswa harus menempuh sedikitnya 146 sks untuk dapat dinyatakan lulus sebagai Sarjana Psikologi. Struktur kurikulum 146 sks terbagi menjadi : 1. Mata Kuliah Wajib yang terdiri dari : Mata Kuliah Pengem-bangan Kepribadian (MPK :13 SKS), Mata Kuliah Keilmuan dan Ke-trampilan (MKK : 80 SKS), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB : 22 SKS), Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB - Wajib : 11 SKS), Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB :16 SKS). Mata Kuliah Pilihan yang terdiri dari :   Pilihan Bebas (MPB – Pilihan : 4 SKS)

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

 

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

001063

Pendidikan Kwarganegaraan

3

 

2

0010….

Agama……………………………

3

 

3

001073

Bahasa Indonesia

3

 

4

511042

Bahasa Inggris

2

 

5

511052

Kode Etik Psikologi

2

 
   

Jumlah

13

SKS

         

Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)

 

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

512012

Filsafat Umum

2

 

2

512022

Filsafat Manusia

2

 

3

512032

Antropobiologi

2

 

4

512042

Sosiologi

2

 

5

512053

Psikologi Umum I

3

 

6

512063

Psikologi Umum II

3

 

7

512073

Statistik

3

 

8

512082

Statistik Nonparametrik

2

 

9

512093

Metodologi Penelitian Kuantitatif

3

 

10

512103

Metodologi Penelitian Kualitatif

3

 

11

512112

Psikologi Kognitif

2

 

12

512123

Psikologi Faal

3

 

13

512133

Psikologi Perkembangan I

3

 

14

512143

Psikologi Perkembangan II

3

 

15

512153

Psikologi Sosial I

3

 

16

512163

Psikologi Sosial II

3

 

17

512173

Psikologi Kepribadian I

3

 

18

512183

Psikologi Kepribadian II

3

 

19

512193

Psikologi Abnormal

3

 

20

512203

Psikologi Pendidikan

3

 

21

512213

Psikologi Industri & Organisasi

3

 

22

512223

Psikologi Eksperimen

3

 

23

512233

Psikometri

3

 

24

512243

Konstruksi Alat Ukur

3

 

25

512253

Psikologi Klinis

3

 

26

512262

Kesehatan Mental

2

 

27

512273

Psikologi Konseling

3

 

28

512282

Psikologi Belajar

2

 

29

512292

Psikologi Proyektif

2

 

30

512302

Psikologi Komunikasi

2

 
   

Jumlah

80

SKS

         

Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

   

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

513013

Psikodiagnostik I

3

 

2

513023

Psikodiagnostik II

3

 

3

513033

Psikodiagnostik III

3

 

4

513043

Tes Intelegensi

3

 

5

513052

Tes Bakat dan Minat

2

 

6

513062

Tes Grafis dan Wartegg

2

 

7

513072

Tes Inventory

2

 

8

513082

Tes Rorschach

2

 

9

513092

TAT dan CAT

2

 
   

Jumlah

22

SKS

         

Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)

   
   

a. Pilihan Wajib

   

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

514012

Psikoterapi

2

 

2

514022

Dinamika Kelompok

2

 

3

514032

Teknik Penyus. Proposal dan Skripsi

2

 

4

514043

Teknik Konseling

3

 

5

514052

Desain Pelatihan

2

 
   

Jumlah

11

SKS

         
   

b. Pilihan Bebas ( Minimal 4 SKS )

   

6

514062

Psikologi Dalam

2

 

7

514072

Modifikasi Perilaku

2

 

8

514082

Konseling Kelompok

2

 

9

514092

Psikologi Kesehatan

2

 

10

514102

Bimbingan & Penyuluhan Sekolah

2

 

11

514112

Pendidikan Anak Usia Dini

2

 

12

514122

Psikologi Lintas Budaya

2

 

13

514132

Psikologi Forensik

2

 

14

514142

Patologi dan Rehabilitasi Sosial

2

 

15

514152

Analisa Jabatan

2

 

16

514162

Psikologi Sumber Daya Manusia

2

 

17

514172

Psikologi Konsumen

2

 

18

514182

Kewirausahaan

2

 

19

514192

Psikologi Anak Khusus

2

 

20

514202

KPP Anak dan Remaja

2

 
   

Jumlah

30

SKS

         

Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB)

 

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

Nilai

1

515012

Sem. Psikologi Perkembangan **)

2

 

2

515022

Sem. Psikologi Pendidikan **)

2

 

3

515032

Sem. Psikologi Sosial **)

2

 

4

515042

Sem. Psi. Industri & Organisasi **)

2

 

5

515052

Sem. Psikologi Klinis **)

2

 

9

005013

Ilmu Sosial & Budaya Dasar

3

 

7

005023

Ilmu Kealaman Dasar

3

 

8

005032

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

2

 

6

515066

Skripsi

6

 
   

Jumlah

16

SKS

           

 

*) Berlaku untuk mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

semua angkatan

       
             

*) Bagi mahasiswa angkatan 2008/2009 dan angkatan sebelumnya akan dilakukan

konversi

         
             

*) Bagi mahasiswa angkatan sebelum 2006/2007, diwajibkan menempuh ujian TOEFL

dengan skor minimal 400, yang nantinya akan dimasukkan menjadi nilai mata kuliah

Bahasa Inggris

       
             
 

Rumus untuk mengetahui Indek Prestasi Komulatif (IPK) =

   
             
 

Jumlah SKS mata kuliah yang diambil X nilai bobot masing-masing

   

Jumlah SKS mata kuliah yang diambil

   

 

 

Rumus untuk mengetahui Indek Prestasi Komulatif (IPK) =

   
             
 

Jumlah SKS mata kuliah yang diambil X nilai bobot masing-masing

   

Jumlah SKS mata kuliah yang diambil

   

 

Informasi :
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945
Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya 
Telp. 031-5990029
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.