Berita Alumni

Mahasiswa Psikologi Selenggarakan Penyuluhan Tumbuh Kembang Anak dalam Kegiatan KKN

Dosen Psikologi Untag Surabaya, Karoline Rista, tegaskan pentingnya mengenal tumbuh kembang anak pada sosialisasi yang digelar mahasiswa KKN Fakultas Psikologi Untag Surabaya di Balai Desa Tambaksumur, Sabtu, (16/11/19).

‘’Pemahaman tentang tumbuh kembang anak bagi orang dewasa khususnya orang tua dan guru PAUD, dapat mendorong untuk penyebaran dan pengembangan informasi dalam menetapkan langkah - langkah edukasi yang dapat diambil untuk menanggulangi keadaan tersebut,’’ papar Karoline.

 

Kegiatan yang dihadiri oleh ibu – ibu di desa Tambaksumur dan peserta KKN Untag Surabaya tersebut digelar karena pengetahuanan tentang tumbuh kembang anak usia dini dapat memberikan pengertian dan pemahaman pada diri sendiri (self-under sending). Pengetahuan tentang tumbuh kembang bagi orangtua, guru, dan para profesional dapat membantu anak untuk memberi layanan edukasi secara optimal.

Selain itu adanya upaya para ahli mempelajari tumbuh kembang anak usia dini untuk belajar terus menerus (is an on going process).

‘’Kondisi dan situasi sosial ekonomi masyarakat menyebabkan banyak anak balita tidak mendapatkan perhatian yang seharusnya baik dari segi gizi maupun pertumbuhan dan perkembangan anak seperti perkembangan motorik halus, motorik kasar, perkembangan Bahasa dan perkembangan social,’’ Ujar Karoline.

Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung gizi dalam jenis dan jumlah yang dibutuhkan tubuh. ‘’Selain itu harus tetap memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup sehat dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal,’’ imbuh Karoline.

Dalam perkembangan anak juga didasari bagaimana peran orangtua dalam mengasuh anak, supaya ketika tumbuh remaja mempunyai etika yang baik berbudi luhur dan berakhlak. Pola asuh yang diberikan oleh orangtua kepada anaknya juga sangat menentukan perilaku sosial dan tingkat kecerdasan anak.

 

 

 

Informasi :
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945
Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya 
Telp. 031-5990029
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.