Belajar Seru Mengenal Dunia Hewan: Mahasiswa Psikologi UNTAG Surabaya Ajak Anak KB-TK

Jumat,07 Juli 2025 - 09:30:56 WIB
Dibaca: 8 kali

Belajar Seru Mengenal Dunia Hewan: Mahasiswa Psikologi UNTAG Surabaya Ajak Anak KB-TK "Al Hayat" Bermain dan Belajar Melalui Media Edukatif 

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan turun lapang mata kuliah Praktik Anak Usia Dini, Mahasiswa Kelompok 6 Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, berupaya memberikan kontribusi nyata melalui kegiatan edukatif berbasis pendekatan psikologi perkembangan anak. Kegiatan ini difokuskan pada pembelajaran tematik “Mengenal Jenis-Jenis Hewan”, yang ditujukan bagi anak-anak usia 3–4 tahun di salah satu lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD).


Pelaksanaan kegiatan dilakukan di KB-TK "Al Hayat", Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, sebagai bentuk implementasi teori perkembangan anak ke dalam praktik pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai usia yang didasarkan pada masa keemasan perkembangan (golden age), di mana anak-anak sangat responsif terhadap rangsangan belajar yang dikemas secara menyenangkan. Dengan memadukan unsur bermain dan edukasi, kegiatan ini diharapkan dapat membantu anak mengenali hewan berdasarkan habitat dan ciri khasnya, serta menstimulasi perkembangan anak pada aspek kognitif, bahasa, motorik halus, dan sosial-emosional.

Rancangan kegiatan disusun secara terstruktur namun fleksibel, melibatkan berbagai metode interaktif yang sesuai dengan prinsip Developmentally Appropriate Practice (DAP) dan teori perkembangan dari tokoh-tokoh seperti Piaget, Vygotsky, Erikson, dan Montessori. Kegiatan diawali dengan perkenalan singkat antara mahasiswa dan siswa, serta ice breaking untuk mencairkan suasana dan membangun kelekatan awal. Setelah itu, dilanjutkan dengan permainan menirukan suara dan gerakan hewan menggunakan media flash card, di mana anak-anak diminta menebak hewan berdasarkan suara, lalu menirukan cara bergeraknya. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih daya ingat, ekspresi, serta keberanian anak dalam tampil. selanjutnya, anak-anak diajak menyusun puzzle 3D hewan, yang membantu mengembangkan konsentrasi, koordinasi tangan-mata, serta keterampilan motorik halus. Kesabaran dan ketelitian mereka terlihat selama proses menyusun potongan-potongan menjadi bentuk hewan utuh. Kemudian, anak-anak diajak untuk mengaplikasikan hewan berdasarkan habitatnya pada alat peraga edukatif yang sudah mahasiswa siapkan, anak-anak mengikuti aktivitas menempel hewan pada habitatnya seperti darat dan laut. Kegiatan ini bertujuan merangsang kemampuan berpikir logis dan pengelompokan sederhana.
 

Sebagai penutup, dilakukan sesi refleksi singkat di mana anak-anak diminta menceritakan kembali hewan favorit mereka atau pengalaman seru selama kegiatan. Mahasiswa memberikan apresiasi dan menutup kegiatan dengan ucapan terima kasih dan salam perpisahan
Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di KB-TK "Al Hayat" ini memberikan dampak yang positif dan terlihat secara langsung pada antusiasme serta partisipasi aktif anak-anak selama kegiatan berlangsung. Dari awal hingga akhir, seluruh siswa dan siswi yang berjumlah 12 anak terlibat secara penuh dalam setiap aktivitas yang disiapkan.


Dalam aspek kognitif, anak-anak menunjukkan kemampuan yang baik dalam mengenali dan menyebutkan berbagai jenis hewan, serta mampu mengelompokkan hewan berdasarkan habitatnya, seperti darat, laut, dan udara. Beberapa anak bahkan mampu menjelaskan secara sederhana alasan mereka menempatkan hewan tertentu pada habitat tertentu. Pada aspek bahasa, anak-anak memperlihatkan peningkatan kosakata, khususnya dalam menyebut nama-nama hewan dan menirukan suaranya. Mereka juga mulai lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapat, menjawab pertanyaan, dan menceritakan hewan favorit mereka pada sesi refleksi.
 

Sementara itu, dari segi motorik halus, anak-anak tampak terampil saat menyusun puzzle 3D dan menempel gambar hewan pada media alat peraga edukatif yang telah disediakan. Aktivitas tersebut tidak hanya melatih koordinasi tangan dan mata, tetapi juga mendorong konsentrasi dan ketelitian mereka. Yang tak kalah penting, pada aspek sosial-emosional, anak-anak menunjukkan sikap saling mendukung, mampu bekerja dalam kelompok kecil, serta mulai berani tampil di depan teman-teman untuk menirukan suara dan gerakan hewan. Anak-anak juga belajar menunggu giliran, menghargai teman, serta menerima pujian dengan senang hati.
 

Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil menciptakan suasana belajar yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Anak-anak tidak hanya memperoleh pengetahuan baru, tetapi juga mengembangkan kemampuan berpikir, berbahasa, bergerak, dan bersosialisasi semua itu tercapai melalui pendekatan bermain yang interaktif dan sesuai tahap perkembangan


“Kami sangat senang dengan kegiatan ini. Anak-anak terlihat antusias dan belajar dengan cara yang menyenangkan. Mereka tidak hanya mengenal hewan, tetapi juga belajar bekerja sama dan tampil percaya diri,” ujar Bu Yuyun, salah satu guru di KB-TK "Al Hayat" Meskipun pada KB-RA “AL-Hayat” telah memiliki banyak media pembelajaran kreatif, kegiatan ini tetap memberikan warna baru melalui pendekatan psikologi perkembangan anak yang menyenangkan dan interaktif. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pelengkap metode yang telah ada, sekaligus memperkuat semangat belajar anak melalui pengalaman langsung. Dengan suasana yang positif dan edukatif, kegiatan ini menjadi kontribusi sederhana mahasiswa dalam mendukung perkembangan anak usia dini yang aktif, percaya diri, dan siap tumbuh optimal.


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya