Profil BEM Fakultas Psikologi

“Kabinet Perubahan”

Latar Belakang

Fakultas Psikologi merupakan salah satu fakultas yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan potensi mahasiswa dalam lingkup akademis maupun non-akademis. Dalam menjalankan marwahnya sebagai lembaga yang mewakili suara mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi memiliki tanggung jawab besar untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, inovatif, dan memotivasi perkembangan mahasiswa.

Kabinet Perubahan hadir sebagai wujud komitmen BEM Fakultas Psikologi untuk membawa perubahan positif dan progresif dalam lingkungan fakultas. Dengan pemikiran yang segar, ide-ide inovatif, dan semangat perubahan, kabinet ini bertekad menjawab tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan mahasiswa.

Latar belakang terbentuknya Kabinet Perubahan ini adalah sebagai respons terhadap dinamika dan perubahan yang terjadi di lingkungan kampus dan masyarakat pada umumnya. Dengan memahami peran strategis Fakultas Psikologi, kabinet ini berkomitmen untuk mengimplementasikan program-program unggulan yang memberikan nilai tambah bagi mahasiswa dan fakultas.

Melalui berbagai program dan kegiatan, Kabinet Perubahan berusaha menciptakan suasana yang inklusif, mendukung, dan progresif. Selain itu, kabinet perubahan juga memiliki fokus pada pengembangan keterampilan, pemberdayaan mahasiswa, dan peningkatan kualitas akademik. Semua upaya ini diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pengalaman belajar mahasiswa Fakultas Psikologi.

Dengan semangat perubahan, kabinet ini berharap dapat menjadi penggerak kebaikan, menciptakan transformasi positif, dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Fakultas Psikologi serta kesejahteraan seluruh mahasiswa.

 

Jobdesk Departemen

  1. Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Organisasi

Melakukan pengembangan sumber daya mahasiswa dan organisasi Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya merupakan suatu langkah proaktif dalam meningkatkan potensi, keterampilan, dan kesejahteraan mahasiswa. Dukungan yang berkelanjutan terhadap organisasi mahasiswa di Fakultas Psikologi juga menjadi bagian integral dari strategi ini, memastikan bahwa mahasiswa memiliki platform yang efektif untuk berkolaborasi, berkembang, dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan fakultas. Upaya ini diarahkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, inklusif, dan mendukung pertumbuhan holistik mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

  1. Pengembangan Prestasi

Melakukan pengembangan prestasi mahasiswa sesuai kebutuhan dan kompetensi merupakan langkah strategis dalam memberikan dukungan yang berfokus pada pertumbuhan akademik dan non-akademik mahasiswa. Program ini dirancang untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan individu, sekaligus meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berbagai aspek. Melalui serangkaian kegiatan, pelatihan, dan pendampingan, upaya ini bertujuan memberikan mahasiswa kesempatan optimal untuk mengembangkan potensi mereka. Dengan pendekatan yang holistik, pengembangan prestasi ini juga mencakup aspek pengembangan karakter, kepemimpinan, serta keterampilan sosial yang relevan. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya menjadi akademisi yang kompeten, tetapi juga individu yang siap menghadapi tantangan di dunia nyata dengan keyakinan dan kesiapan yang tinggi.

  1. Dalam Negeri

Bersinergi dalam membangun serta memperluas relasi hubungan dengan internal kampus dalam upaya kolaboratif untuk memperkuat jaringan komunikasi dan kerjasama di lingkungan kampus. Langkah-langkah melibatkan aktifitas seperti koordinasi program-program, penyelenggaraan kegiatan bersama, dan peningkatan kerjasama antar-unit di kampus. Dengan membangun hubungan yang erat di internal kampus, dagri dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertukaran ide, kolaborasi proyek, dan peningkatan efisiensi operasional. Dalam hal ini, sinergi menjadi kunci untuk mencapai tujuan bersama dan meningkatkan kualitas pengalaman mahasiswa serta seluruh stakeholder di lingkungan kampus.

  1. Luar Negeri

Bersinergi dalam membangun serta memperluas relasi hubungan dengan eksternal kampus adalah upaya kolaboratif yang bertujuan untuk memperkuat jaringan dan keterlibatan universitas dengan berbagai pihak di luar lingkungan kampus. Dengan mengadakan kerjasama, pertemuan, dan kegiatan bersama dengan stakeholder eksternal, Deplu dapat membuka peluang baru untuk peningkatan sumber daya, pengembangan program, dan peluang karir bagi mahasiswa. Sinergi ini juga menciptakan lingkungan yang mendukung pertukaran ide, inovasi, dan peningkatan mutu pendidikan. Melalui kolaborasi yang berkesinambungan, Deplu dapat memperkaya pengalaman akademik dan profesional mahasiswa, sekaligus menjalin kemitraan yang saling menguntungkan untuk pengembangan bersama di bidang pendidikan dan riset.

  1. Kajian Strategi

Mengembangkan daya kritis, daya nalar, dan kepedulian mahasiswa terhadap isu-isu nasional maupun internasional merupakan suatu tantangan yang memerlukan pendekatan holistik dalam kurikulum dan aktivitas di kampus. Melalui penyelenggaraan program-program pendidikan dan kegiatan ekstrakurikuler yang memfokuskan pada analisis mendalam terhadap permasalahan global dan lokal, mahasiswa dapat diberdayakan untuk menjadi individu yang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang realitas dunia. Dengan membangun kapasitas berpikir kritis, mahasiswa dapat menghasilkan perspektif yang matang terhadap isu-isu kompleks, sementara pengembangan daya nalar akan membantu mereka membuat keputusan yang berdasarkan logika dan pemahaman mendalam. Pada akhirnya, kepedulian mahasiswa terhadap isu-isu ini akan membawa dampak positif, mendorong partisipasi aktif, dan membangun sikap tanggung jawab sosial dalam menciptakan perubahan positif di masyarakat.

  1. Ekonomi Kreatif

Membangun dan mengembangkan kemampuan berwirausaha tidak hanya melibatkan aspek pengetahuan bisnis, tetapi juga melibatkan pengembangan keterampilan praktis, strategis, dan inovatif. pengembangan keterampilan praktis, seperti pengembangan produk atau layanan, kemampuan berkomunikasi, dan kepemimpinan, juga menjadi kunci dalam membangun jiwa wirausaha. Pendekatan yang holistik ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang tidak hanya berguna dalam memulai usaha sendiri tetapi juga dapat memberikan nilai tambah dalam berkarir di berbagai sektor pekerjaan.

  1. Kominfo

Dalam mengelola media sosial BEM Fakultas Psikologi, tanggung jawabnya melibatkan penyaluran informasi kepada mahasiswa secara efektif. Dengan menyusun konten yang informatif dan menarik, BEM dapat memastikan bahwa setiap informasi, baik terkait kegiatan kampus, prestasi mahasiswa, atau isu-isu aktual, dapat disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami oleh mahasiswa. Selain itu, peran BEM juga mencakup pengelolaan interaksi dengan pengguna media sosial, menjawab pertanyaan, serta memastikan bahwa platform tersebut memberikan dampak positif dan mendukung pengembangan komunitas mahasiswa Fakultas Psikologi.