Mahasiswa Psikologi UNTAG Ajarkan Kemampuan Kognitif Melalui Snake Jump

,00 0000 - 00:00:00 WIB
Dibaca: 297 kali

SURYA.co.id | SURABAYA - Anak-anak saat ini lebih menyukai permainan media elektronik, apalagi penerapan edukasi anak sedini mungkin jarang dilakukan dengan mudah oleh orang tua.

Snake Jump menjadi permainan alternatif agar anak-anak bisa mengasah kemampuan kognitif dan menyenangkan.

Permainan berbahan karton berwarna ini mengenalkan panca indera berikut fungsinya, warna buah dan rasanya, anggota keluarga, angka, huruf, dan pengetahuan dasar lainnya.

Dua mahasiswa semester VI Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Tri Utami (21) dan Yolanda Tri Artanti (21) membuat permainan ini dengan biaya murah dan bisa diaplikasikan dengan mudah.

Snake Jump berupa papan permainan yang menggiring si anak menjadi player bisa mengembangkan kemampuan kognitif.

Menilik pola permainannya Snake Jump diperuntukan anak usia 2-7 tahun ini tidak berbeda dengan monopoli atau ular tangga. Hanya,Snake Jump didukung kartu tiga warna, merah, kuning, dan biru. Kartu ini berisi pertanyaan dan menuntut anak menjawabnya.

“Ada beberapa tingkatan alias sub bab pertanyaan dalam permainan ini. Pengenalan alat indera atau panca indera, pengenalan keluarga, pengenalan warna, pengenalan angka, pengenalan huruf dan lainnya,” tutur Tri Utami.

Snake Jump bisa dimainkan tunggal dan atau oleh tiga anak, sehingga juga melatih anak dalam bersosialisasi dan berjiwa sportif.

Tiap anak bisa bermain sendiri-sendiri dengan memilih salah satu dari tiga warna kartu berisi pertanyaan. Setiap anak yang berhasil menjawab pertanyaan berhak atas satu bintang (kertas tebal berbentuk bintang) dengan warna yang berbeda sesuai warna kartu pertanyaan yang dipilih.

“Misalnya seorang player kedapatan sub bab yang menggambarkan buah semangka atau strawberry warna merah. Maka anak harus bisa menjelaskan karakteristik buah tersebut. Termasuk rasanya yang manis untuk semangka, dan masam atau manis untuk strawberry. Yang jawabannya benar, mendapat bintang,” tambah Yolanda Tri Artanti.

Untuk pertanyaan lain seputar anggota keluarga, anak dituntut bisa menjawab nama anggota keluarga, jumlah saudara dan lainnya.

Snake jump juga diujicobakan dengan mendatangkan siswa dari TK Al Azhar, Keiko Kaina (4). Gadis ini terlihat begitu menyukai permainan Snake Jump.

“Senang, kalau bisa jawab mendapat bintang,” tutur Keiko yang masih berseragam sekolah.

Dosen Fakultas Psikologi Untag, Hetti Sari Rahmadhani menuturkan melalui penelitian kampus, Untag akan memperbanyak papan Snake Jump.

Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2016/01/26/ajarkan-kemampuan-kognitif-anak-melalui-snake-jump-begini-caranya?page=3

 

Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya