Mahasiswa Psikologi UNTAG Surabaya Hadirkan Pembelajaran Bermakna Lewat Bermain Peran dan Eksperimen
Kamis,16 Juni 2025 - 11:23:48 WIBDibaca: 31 kali
7.jpg)
Mahasiswa Psikologi UNTAG Surabaya Hadirkan Pembelajaran Bermakna Lewat Bermain Peran dan Eksperimen di TK RA Maida
Surabaya, 16 Juni 2025 — Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya menunjukkan kepedulian dan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran interaktif di TK RA Maida, Menur Pumpungan, Surabaya.
Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Praktik Psikologi Anak Usia Dini yang diampu oleh Ibu Sayidah Aulia Ul Haque, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Kegiatan tersebut mengusung pendekatan Developmentally Appropriate Practice (DAP) yang menekankan pentingnya pembelajaran berbasis bermain (play-based learning) untuk menunjang perkembangan kognitif, motorik, sosial-emosional, serta kreativitas anak.
Kegiatan dirancang dan dilaksanakan oleh empat mahasiswa, yakni Daniel Christopher Hezron, Betania Denisa Noveli Maukh, Villa Diantini Ayuba, dan Nabila Octaviola Rosanti. Mereka mengemas pembelajaran dalam dua kegiatan utama, yaitu bermain peran sebagai juru masak dan eksperimen sains mini tentang gunung meletus.
Melalui kegiatan bermain peran, anak-anak diajak untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas, meningkatkan keterampilan motorik halus, serta belajar bekerja sama dan berkomunikasi dalam kelompok. Sementara melalui eksperimen mini, anak-anak diajarkan konsep sebab-akibat secara sederhana, dengan mengamati bagaimana reaksi antara soda kue dan cuka dapat menimbulkan efek menyerupai letusan gunung. Kegiatan ini dirancang agar anak-anak dapat belajar sains dasar dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami.
Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.30 hingga 10.10 WIB ini disambut antusias oleh anak-anak dan guru. Anak menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi, aktif terlibat, serta mampu mengikuti instruksi dengan baik. Meskipun ditemukan tantangan dalam keterampilan motorik halus, secara keseluruhan kegiatan ini efektif dalam meningkatkan keterlibatan belajar anak.
Guru-guru TK RA Maida memberikan apresiasi terhadap pendekatan kreatif dan menyenangkan yang dihadirkan mahasiswa, dan menyatakan bahwa metode serupa sangat layak untuk diadopsi dalam pembelajaran sehari-hari di kelas.
Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya