Penerapan DAP dengan Metode Stortelling dan Eksperimen pada Anak Usia Dini di TK-Al - Mursyidien Sur

Jumat,07 Juli 2025 - 09:32:22 WIB
Dibaca: 4 kali

Penerapan DAP dengan Metode Stortelling dan Eksperimen pada Anak Usia Dini di TK-Al - Mursyidien Surabaya

Surabaya, 13 Juni 2025. Mahasiswa dari Fakultas Psikologi angkatan 2022, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, yaitu Rahma Fiqhi Zakiyati, Nakita Valentina Panjaitan, Dwi Fatmawati, dan Muhammad Irham Fikrun Rafif, telah melaksanakan kegiatan turun lapangan untuk mengaplikasikan Developmentally Appropriate Practice (DAP) dengan metode storytelling dan eksperimen pada murid TK - AL - Mursyidien Semolowaru, Surabaya. Kegiatan ini dibimbing oleh dosen mata kuliah PAUD kelas A, Ibu Sayidah Aulia Ul Haque, M.Psi., Psikolog. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan aspek kognitif, emosi, dan sosial pada anak usia dini.


Dalam kegiatan turun lapangan di TK tersebut, mahasiswa mengaplikasikan metode storytelling yang dipadukan dengan eksperimen berdasarkan cerita yang telah dibuat khusus. Metode ini meliputi eksperimen tentang benda yang bisa mengapung dan tenggelam, pengelompokan daun berdasarkan bentuknya, serta menyiram tumbuhan sekitar. Pendekatan ini dirancang untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak sekaligus menumbuhkan empati, berbagi, tolong-menolong, dan peduli lingkungan sebagai aspek emosi dan sosial.
Pengembangan kemampuan anak dilakukan dengan cara yang menyenangkan, menarik, dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Alasan pemilihan kegiatan ini adalah untuk mengatasi kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif oleh guru serta rendahnya daya tangkap anak dalam memahami konsep pembelajaran yang disampaikan.
Kegiatan ini melibatkan 30 anak TK dan 3 guru-guru di TK - AL - Mursyidien Semolowaru, Surabaya, dengan tujuan agar guru dan anak-anak lebih menguasai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta melatih kemampuan kognitif dan sosial emosional anak melalui story telling dan eksperimen. Diharapkan setelah kegiatan ini, kemampuan kognitif anak meningkat, terutama dalam memahami konsep benda mengapung dan tenggelam serta kemampuan mengelompokkan benda, sementara aspek emosi dan sosial anak menjadi lebih baik melalui nilai empati dan kerja sama yang ditanamkan dalam cerita.


Pelaksanaan kegiatan ini mendapat tanggapan dan dukungan positif dari guru dan anak-anak. Guru menyatakan bahwa kegiatan turun lapangan di TK - AL - Mursyidien Semolowaru, Surabaya ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan sosial emosional anak serta membantu guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang menyenangkan dan efektif.


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya