Pengalaman Turun Lapangan di TK: Membuat dan Menerapkan APE Puzzle & Storytelling Hewan

Kamis,16 Juni 2025 - 11:29:02 WIB
Dibaca: 29 kali

Pengalaman Turun Lapangan di TK: Membuat dan Menerapkan APE Puzzle & Storytelling Hewan

Hari Rabu 28 Maret 2025 kami berkesempatan turun langsung ke salah satu Taman Kanak-Kanak (TK) Citra Taruna yang ada di Benowo Surabaya untuk menerapkan Alat Permainan Edukatif (APE) yang sudah kami siapkan. APE yang kami bawa berupa puzzle bongkar-pasang bergambar hewan dan media storytelling atau bercerita tentang hewan, yang sengaja kami pilih karena dekat dengan dunia anak-anak dan dapat melatih aspek kognitif, motorik, serta imajinasi mereka.
Sebelum memulai kegiatan, kami memperkenalkan diri dan menjelaskan secara singkat kepada anak-anak tentang permainan dan cerita yang akan mereka ikuti. Anak-anak terlihat sangat antusias, sebagian bahkan langsung penasaran dengan gambar-gambar hewan yang ada di puzzle.


Kegiatan pertama dimulai dengan permainan puzzle. Anak-anak kami bagi ke dalam beberapa kelompok kecil, masing-masing diberikan puzzle hewan yang harus mereka susun bersama-sama. Awalnya, beberapa anak terlihat kebingungan, namun setelah kami berikan arahan dan motivasi, mereka mulai semangat mencoba mencocokkan potongan-potongan puzzle. Dengan kegiatan ini, anak-anak belajar mengenali bentuk, warna, dan gambar hewan, sekaligus melatih ketelitian serta motorik halus mereka.
Setelah semua anak selesai bermain puzzle, kami lanjutkan dengan sesi storytelling tentang hewan. Kami membawakan cerita sederhana tentang hewan-hewan yang mereka kenal, seperti kelinci, kucing, burung, dan kura-kura. Selama bercerita, kami mengajak anak-anak untuk berpartisipasi, seperti menirukan suara hewan atau menjawab pertanyaan kecil. Anak-anak sangat menikmati cerita yang kami bawakan, bahkan ada yang minta bercerita lagi.


Sebagai penutup, kami memberikan reward untuk anak-anak yang aktif dan semangat mengikuti kegiatan. Hadiah yang kami berikan berupa puzzle bongkar-pasang tambahan, buku mewarnai bergambar hewan, dan alat mewarnai sederhana. Tujuan pemberian reward ini adalah untuk memotivasi mereka agar terus belajar, melatih kreativitas, serta mengasah kemampuan motorik mereka di rumah. Kegiatan berjalan dengan lancar dan penuh keceriaan. Anak-anak tidak hanya bermain, tapi juga belajar banyak hal melalui media yang kami siapkan. Bagi kami sendiri, kegiatan ini menjadi pengalaman berharga untuk melihat secara langsung bagaimana penerapan APE di lapangan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan anak usia dini.


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya