Psyscope Episode 2: Dinamika Sikap Kritis Gen Z

Selasa,02 April 2024 - 08:42:17 WIB
Dibaca: 38 kali

 

Pada hari Rabu (30 Maret 2024) BEM Fakultas Psikologi menyelenggarakan diskusi non formal yang dilakukan bersama expert. Kegiatan psyscope episode ke 2 ini mengangkat topik “Dinamika Sikap Kritis Gen Z: Fanatisme Dalam Era Politik Di Media Sosial.

Diskusi ini dilakukan bersama 2 dosen pemantik. Pemantik pertama dari prodi Administrasi negara Ibu Rizkiya Dwijayanti, S.IP., M.IP dan pemantik kedua dari Prodi Psikologi Bapak Eko April Ariyanto, S.Psi., M.Psi. Diskusi berlangsung dengan baik dan para peserta juga antusias untuk bertanya kepada Ibu Rizkiya dan Pak Eko terkait materi yang sudah disampaikan.

Generasi Z menjadi salah satu kumpulan pengguna media sosial paling banyak dan paling aktif. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, generasi Z sudah memiliki ketertarikan pada dunia politik. Sehingga, sikap kritis dan fanatisme dalam era politik di media sosial ini menjadi topik yang sangat menarik untuk dibahas. 

Sikap kritis generasi Z dalam era politik di media sosial memiliki dampak positif dan negatif. Sikap kritis memiliki kemampuan untuk mengevaluasi informasi, namun fanatisme dalam era politik di media sosial dapat mengakibatkan pengguna media sosial menjadi pemborong informasi yang tidak terverifikasi atau tidak di riset lebih mendalam. Untuk mengatasi fanatisme dalam era politik di media sosial, pengguna media sosial perlu memiliki kemampuan untuk mengevaluasi informasi dan memilih informasi yang sesuai dengan keinginan mereka serta lebih banyak mencari informasi dari berbagai sumber. Hal tersebut agar kita terhindar dari informasi hoax. 


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya